Berburu Foto Kece di M Bloc Space, Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan yang Kekinian

91 / 100 SEO Score

bismillahirrahmanirrahim,

Ssst, ati-ati baca tulisan ini. Bertebaran foto Travel Galau yang kece di M Bloc Space.

Tahun 80-90’an kawasan Blok M merupakan tempat nongkrong di Jakarta yang paling hits. Bahkan di tahun 90-an, sebuah film dengan judul Blok M (Bakal Lokasi Mejeng) memperlihatkan dengan jelas bagaimana kawasan ini menjadi tempat nongkrongnya para remaja di tahun itu.

Gue sendiri pernah menghabiskan hampir setiap malam minggu di kawasan Blok M bersama Mas Metra saat masih pacaran dulu. Selama bertahaun-tahun, kami selalu menyusuri mulai dari Blok M Plaza sampai Pasaraya Blok M entah berapa putaran setiap akhir pekannya. Saat itu kawasan Blok M merupakan tempat nongkrong di Jakarta yang terjangkau dengan kocek anak sekolahan dan mahasiswa.

Di tahun 2019 kemarin, gue seperti diajak bernostalgia kembali dengan kawasan ini, mulai dari hunting foto di Little Tokyo Blok M hingga dibuat penasaran dengan hadirnya M Bloc Space, yang resmi di buka September 2019.

M Bloc Space merupakan creative hub alias ruang berbagi ide. Area yang dikelola oleh Ruang Riang Milenial dan Peruri ini dibangung di tanah seluas 7000 meter persegi di bekas kompleks Peruri, bekas gudang percetakan uang dan meterai sekaligus mes karyawan perusahaan.

Enggak salah kalau beranggapan M Bloc Space merupakan tempat nongkrong di Jakarta yang kekinian. Bukan saja sekedar tempat makan, tapi d sini elo juga bisa melakukan banyak aktivitas yang asik dan sudah pasti instagramable.

Sebagai mahluk yang paling enggak tahan melihat tempat instagramable, sudah pasti gue langsung merencanakan untuk main ke M Bloc Space. Sayangnya, gue memilih hari yang salah di November lalu. Gue berkunjung di Jumat sore yang ternyata terlalu ramai. Ambyar sudah mood untuk nongkrong cantik dan berfoto di M Bloc Space hari itu.

Berburu Foto Kece di M Bloc Space, Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan yang Kekinian

Setelah banjir di depan rumah surut serta listrik juga sudah kembali menyala di awal 2020, gue pun langsung merencanakan agenda nongkrong cantik di M Bloc Space. Manda dan Yesi menyambut baik ajakan main gue itu. Kita bertiga sepakat untuk nongkrong bareng dari sebelum jam makan siang.

Rupanya semesta belum terlalu berpihak baik. Hari itu dari pagi hujan. Akhirnya kami baru sukses tiba di M Bloc Space siang hari. Itu pun tak lama disambut hujan badai. Kami pun buru-buru mencari tempat yang kiranya sepi untuk berteduh.

Tjikini menjadi pilihan kami untuk berteduh siang itu. Sambil menanti hujan reda, kami pun memesan latte untuk gue, soda markisa untuk Yesi, dan sarsaparilla untuk Manda. Beruntung tidak terlalu ramai, kami pun bisa sedikit puas foto-foto di sini.

Tjikini merupakan salah tenant di M Bloc Space yangmenawarkan menu nusantara. Selain Tjikini, ada juga Mbok Ndoro, Roastman, Tokyo Skipjack, Katong, Padang to Go, juga kedai minuman seperti Titik Temu Coffee, Suwe Ora Jamu, dan Oeang sebagai tempat kulineran.

Tak usah khawatir bila tak membawa uang tunai. Karena di M Bloc Space ini justru dikenakan peraturan untuk menggunakan uang non tunai seperti e-money dan kartu debit/kartu kredit sebagai metode pembayaran.

5 Spot Wajib Foto di M Bloc Space

M Bloc Space bukanlah tempat nongkrong di Jakarta yang biasa. As I said before, M Bloc Space adalah creative hub, dimana bukan sekadar duduk manan dan hang out, tapi juga ada pertunjukan musik dan event-event kreatif baik yang berbayar maupun yang gratis.

Seperti kali pertama gue ke tempat nongkrong di Jakarta ini, rupanya hari itu akan berlangsung pertunjukan musik. No wonder kalau ramai sekali. Sementara, tujuan gue ke tempat ini adalah untuk foto-foto. Which is yang gue butuhkan adalah suasana yang tidak terlau ramai.

Alhamdulillah, akhirnya hujan pun berhenti. Saatnya explore untuk foto-foto. Tentunya kami sudah mengincar beberapa tempat yang menurut kami spot wajib foto, enggak boleh enggak.

Deretan Tenant

Susana vintage memang terasa kental di M Bloc Space ini. Bukan hanya dari interiornya saja, tapi juga keseluruhan bangunan. Berfoto di luar deretan toko-toko yang ada di M Bloc Space ini wajib di lakukan. Jadikan etalase dengan kusen kayu yangmemberikan nuansa lawas sebagai background foto.

Rumah Tua

Berjalan ke arah luar M Bloc Space, elo bakal menemukan sebuah bangunan tua. Teras rumah yang bulat tampak cantik menjadi sudut untuk berfoto.

pose sama Amanda dulu
kali ini pose sama Yesi

Di sekitar bangunan juga terdapat tembok bata yang bisa menjadi background foto. Usahakan untuk jeli mencari sudut-sudut baru yang menarik.

Depan _Oeang

Berbeda dengan tenant lain yang berada di bagian depan, _Oeang menempati bekas gedung percetakan uang. Loe harus melewati selasar terlebih dahulu untuk menemukan tempat ini. Tidak sulit kok.

Bekas tembok yang tampaknya dijebol dibiarkan tidak rapih, memberikan kesan tersendiri bila difoto. Selain itu terdapat mural burung Nuri dengan warna-warna yang terang. Main ke M Bloc Space memang dijamin elo akan pulang dengan banyak konten foto.

Mural Samping Gudang

Di samping gudang uang, terdapat mural-mural yang enggak kalah instagramble. Rasanya ke manapun kaki melangkah mata akan dimanjakan oleh tempat yang menggoda untuk berfoto. Karenanya jangan lupa dandan yang kece.

Kaya gue yang memilih mengenakan Mika Dress dari Zachra. Dress ini menggunakan bahan monalisa, sehingga tidak menerawang dan cukup menyerap keringat. Yang bikin gue suka dari dress ini adalah bahannya jatuh dan flowly. Gue masih leluasa untuk kibas rok, pose khas Travel Galau.

Selasar Utama

Last but not least, jangan lup auntuk berfoto di tokoh utama dari M Bloc Space ini. Apalagi kalau bukan di depan selasar utama, dimana terdapat neon bertulisankan M Bloc.

A little bit tricky memang untuk berfoto di area ini. Kenapa? Karena terdapat tiang bendera persis sejajar dengan bangunan utama ini. Setelah mencoba-coba, gue menemukan angle yang cukup oke, yaitu dari samping.

Recharge Energi di Suwe Ora Jamu

Beberapa jam foto-foto di M Bloc sudah pasti lelah. Apalagi tumben banget gue menggunakan sepatu agak tinggi hari itu. Saatnya untuk mengisi energi kembali.

Kali ini pilihan tempat nongkrong jatuh pada Suwe Ora Jamu. Membayangkan segarnya jamu sebelum sebelum pulang, pasti nikmat dan menambah energi untuk kembali berdesakan di Trans Jakarta.

M Bloc Space, Tempat Nongrong di Jakarta Selatan yang Kekinian

Tak terasa hari semakin sore. Matahari perlahan mulai tenggelam. Meski M Bloc ini buka sampai jam 11 malam, tapi gue dan teman-teman sudah harus kembali pulang.

Overall, menghabiskan waktu di M Bloc Space ini sedikit membuat gue bernostalgia. Blok M memang kawasan strategis untuk tempat nongkrong. Gimana, elo jadi ingin berkunjung ke sini juga? Atau sudah?

Bila elo mau ke tempat nongkrong di Jakarta Selatan ini, ada baiknya menggunakan transportasi umum seperti MRT atau Trans Jakarta, dikarenakan tidak ada tempat parkir di sini. Lokasinya cukup strategis kok, elo bisa turun di Stasiun Blok M atau Stasiun ASEAN, bila naik MRT, atau turun di halte Blok M bila naik Trans Jakarta seperti gue. Enggak jauh kok jalannya, paling sekitar 7-10 menit.

x.o.x.o.

travel galau
Bloc M Space
Jalan Sisingamangaraja 37 AH, Melawai, 
Jakarta Selatan
Buka: 10.00 - 23.00 wib

12 thoughts on “Berburu Foto Kece di M Bloc Space, Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan yang Kekinian

  1. Mba Dian ih… kalo foto selalu kece, nah giliran aku klo ada spot cakep buat foto pasti hasilnya jadi berantakan hehehe
    Aku mah suka banget dengan minuman bersoda cap badak itu kak. JAdi kepengen euyyy! nyari dimana disini euy!

  2. Wah kece yah mba πŸ₯° uwuuu pengen kesini dong πŸ˜‚ kemaren pas kejkt masih minim info tempat2 lucu. Nanti dilist dulu deh hihi biar bisa punya foto kece kayak gini

  3. Berasa jalan2 mbak.
    Btw alu sering denger lokasinya namun belum pernah main ke sana haha.
    Ternyata di sana banyak bangunan tua yang bisa dipakai sbg spot foto ya. Jd kangen pastinya jalan dan poto2 bareng teman ya mbak

  4. Ada tempat ginian yah di Jaksel, aselik unik banget ini mah. Semoga suatu sata ke sini juga ah harus. Itu foto yang pertama kok aku jadi inget film Dilan yah, yang di depan warungnya Bu Eem gitu loh. Nyahahah

  5. Dinding M Bloc yang vintage cocok buat foto beragam tema ya. Pake baju colorful cocok, pake baju vintage juga cocok. Thanks infonya, mba!

  6. Ya ampuunn rindu sekali jalan-jalan, keluar rumah, foto-foto cakep kayak gini. Kangen juga main ke M Bloc Space! Belum cobain semua tenant-nya. Duh semoga pandemi lekas berakhir biar bisa jalan-jalan bebas kayak biasa, nih. πŸ˜€ Btw izin follow blog-nya ya, Mbak, bagus infonya! Topinya juga cakep banget, euy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *