Showing 9 Result(s)
Tokoh, Jalan-Jalan, Jawa Timur

Kampung Lali Gadget: Oase di Tengah Gempuran Gadget

Hayo, ngaku deh. Siapa di sini yang punya anak yang seneng banget main gadget? Atau mungkin kamu sendiri salah satu orang yang nggak bisa lepas dari layar gadget? Wah, jangan sembunyi, teman-teman. Kita harus jujur menghadapi kenyataan bahwa kecanduan gadget adalah sebuah bahaya yang nyata. Gak perlu panik menghadapi kecanduan gadget, tetap dibawa santai aja. …

Tokoh

Azza Aprisaufa, Pemuda Aceh yang Berhasil  Memberdayakan Sarjana Lewat Aplikasi

Lulus sekolah tinggi dan mendapat gelar sarjana ataupun pasca sarjana bukan jaminan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Mencari pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dimiliki menjadi tantangan tersendiri.  Hal inilah yang terjadi pada masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah. Dua daerah ini berhasil meningkatkan perekonomian berkat meningkatnya nilai kopi Gayo. Masyarakatnya berusaha untuk menyekolahkan anak-anak mereka …

Tokoh

VCO yang Berkualitas Berkat Fermentasi Anaerob, Inovasi dari Bambang Sardi

Virgin Coconut Oil (VCO) telah menjadi perbincangan hangat di dunia kesehatan dan kecantikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak yang berbicara tentang manfaat luar biasa dari minyak kelapa murni ini.  VCO adalah minyak kelapa murni yang diproses dari daging kelapa segar, tanpa pemanasan atau pengolahan kimia. Metode ekstraksi yang digunakan adalah metode fermentasi anaerob yang memastikan …

Tokoh

Kang Narman: Pemuda Baduy yang Go Digital

Kamu pernah dengar tentang Suku Baduy? Pasti pernah dong. Itu lho, suku yang tinggal di pedalaman Banten, yang masih mempertahankan  gaya hidup tradisional hingga saat ini. Tapi percaya gak, di tengah keterbatasan dan ketertutupan mereka, ada seorang pemuda Baduy yang berhasil menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dialah Kang Narman, seorang wirausahawan muda yang memasarkan kerajinan …

Tokoh

Pengenalan Pendidikan Kearifan Lokal melalui Sadar Wisata dan Musik Tradisional Daerah: Menanamkan dan Menumbuhkan Rasa Nasionalis dan Cinta Terhadap Kekayaan Bangsa

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Namun, seringkali pendidikan yang kita terima hanya terfokus pada pengetahuan akademis belaka, tanpa memperhatikan aspek budaya dan kearifan lokal yang merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa.  Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu jua, merupakan semboyan bangsa Indonesia yang memang memiliki banyak budaya. Sebagai orang …

Tokoh

Franly Aprilano Oley, Sang Penjaga Hutan Merabu 

Kampung Merabu terletak di Desa Merabu, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kampung ini berbatasan dengan Kampung Panaan (Utara), Kampung Merapun (Barat dan Timur), dan Kabupaten Kutai Timur (Selatan).  Potensi kekayaan Hutan Merabu ini sangat besar, Merabu memiliki kekayaan flora dan fauna yang bisa dimanfaatkan sebagai Ekowisata. Sehingga Merabu menjadi tempat destinasi wisata yang mendunia.  …

Tokoh

Anjani Sekar Arum: Mempersembahkan Motif Batik Bantengan di Sanggar dan Galeri Batik Andaka di Kota Batu, Malang

Kota Batu, Malang dikenal sebagai salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur. Selain keindahan alamnya yang mempesona, kota ini juga memiliki kekayaan budaya yang tidak kalah menarik. Salah satu kekayaan budaya yang menjadi sangat terkenal di Malang adalah batik Bantengan. Dan di tengah-tengah pesatnya perkembangan industri batik di Kota Malang, ada seorang perempuan berbakat …

Tokoh

Tentang Noviyanto, Penggagas Pabrik Keju di Boyolali

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dijuluki sebagai Kota Susu. Terdapat 6 kecamatan yang merupakan penghasil susu sapi di Boyolali, yaitu Selo, Cepogo, Musuk, Ampel, Boyolali, dan Mojosongo. Tak heran kalau Boyolali sampai memiliki patung sapi perah raksasa yang merupakan ikon daerah. Hal ini karena sebagian besar wilayah Boyolali terletak di dataran tinggi sehingga sangat tepat untuk …

Tokoh

Sosok Inspiratif: Amilia Agustin, Peduli Lingkungan di Usia Muda

Ada yang bilang, generasi yang kuat berasal dari lingkungan yang sehat. Namun jika kita melihat lingkungan saat ini, tak bisa dipungkiri kalau kondisinya tampak kurang sehat. Sampah yang menumpuk, kebakaran hutan, hingga polusi adalah bukti lingkungan yang tidak sehat.  Tak perlu menunggu menjadi orang dewasa untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Siapa pun bisa. Hal ini …