5 Perlengkapan Badminton yang Kamu Perlu Tahu. Mulai dari Karpet Badminton hingga Sepatu

87 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

badminton

Hampir setahun dengan kondisi lebih banyak di rumah aja, gue sekarang jadi jarang galau tentang traveling, gue jadi lebih banyak galau tentang nonton film apa lagi ya? Nonton jadi hiburan sehari-hari gue sekarang. Dan siapa sangka dari film yang terakhir gue tonton, gue jadi kaya mengulang pelajaran olahraga yang jarang gue simak.

Susi Susanti: Love All, film yang terakhir gue toton itu berhasil bikin gue jadi penasaran seputar atribut badminton. Hei, masa gue baru tahu kalau ada yang namanya karpet badminton? Heloooo, keterlaluan banget gue ya, selama ini pasti bolos pelajaran olahraga.

Gue tahu badminton atau bulu tangkis merupakan olahraga yang cukup populer di Indonesia. Meski mungkin gue kurang tertarik dengan cabang olahraga yang satu ini, gue masih bisa menyebutkan beberapa atlet bulu tangkis yang terkenal di Indonesia: Susi Susanti, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, Ricky Subagja, dan Rexy Mainaky.

5 Perlengkapan Badminton yang Kamu Perlu Tahu. Mulai dari Karpet Badminton hingga Sepatu

Mari sekali-sekali gue membahas seputar olahraga, biar gue juga sambil belajar. Jadi ternyata, ada 5 alat dan perlengkapan agar permainan badminton bisa optimal. Apa aja, yuk baca terus tulisan gue ini:

1. Lapangan

Pic source: Freepik

Permainan badminton membutuhkan ruang yang cukup luas. Ukuran standar lapangan badminton adalah lebar 6,10 meter dan panjang 13,40 meter dengan bentuk persegi panjang.

Dengan kondisi lahan yang cukup terbatas, biasanya permainan badminton dilakukan dalam badminton hall. Dalam satu badminton hall terdapat 2-4 lapangan, sehingga dalam satu waktu bisa digunakan oleh banyak pemain.

2. Karpet badminton

harga karpet badminton

Karpet berwarna hijau dengan garis putih ini merupakan perlengkapan badminton yang yang sangat penting. Tentunya agar nyaman bermain bulu tangkis diperlukan karpet badminton yang berkualitas baik, tebal, tidak licin, serta sudah sesuai dengan standar BWF (Badminton World Federation).

Karpet badminton yang berkualitas baik, tebal, tidak licin, serta sudah sesuai dengan standar BWF (Badminton World Federation) itu bisa didapatkan di Raga Sport Flooring. Harga karpet badminton yang ditawarkan cukup terjangkau dan bersaing. Apalagi karpet badminton ini memiliki kualitas terbaik karena langsung dari importir.

Ada beberapa jenis karpet badminton yang bisa dipilih, berikut ini jenis karpet badminton dan harga karpet badminton yang tersedia:

  • Enlio Litchi/Lychee (Surface Pattern : Lychee)     : Rp32.000.000
  • Enlio Sand (Surface Pattern : Sand)                       : Rp34.000.000
  • Enlio Gem ((Surface Pattern : Gem)                      : Rp34.000.000
  • Alite (Surface Pattern : Sand)                                : Rp.32.000.000
  • Flypower (Surface Pattern : Sand & Squareshell) : Rp36.000.000
  • Li-Ning (Surface Pattern : Sand)                            : Rp42.000.000

3. Net

Net merupakan pembatas area permainan. Letaknya persis ditengah-tengah karpet badminton. Bentuknya berupa jaring. Umumnya tinggi net badminton kurang lebih 155 cm. Dengan adanya net tentu untuk pelambungan kok jadi tidak bisa sembarangan karena harus lebih tinggi dari net. Ayo, siapa yang suka main badminton cuma pakai net halu?

4. Raket dan Kok

raket badminton

Raket dan kok, tentunya dua benda ini penting banget dalam permainan badminton. Ya iyalah, masa mau main badminton tanpa raket dan kok, nanti gimana mainnya?

Ada banyak jensis raket badminton dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal. Tentunya kalau kita ingin bermain badminton dengan serius dan profesional, diperlukan raket badminton yang nyaman digunakan. Senar yang ada pada raket merupakan elemen yang cukup penting. Sebagai pemantul, senar pada raket badminton sebaiknya tidak gampang putus dan dipasang dengan sempurna.

Kok alias shuttlecock bukan sekadar pelengkap pada olahraga badminton. Bentuk kok ini berupa gabus yang ditancap bulu-bulu angsa secara rapi. Berat standar kok yang dibuat oleh IBF adalah sekitar 5,67 gram.

5. Pakaian

pemain badminton

Baju, celana, kaos kaki, serta sepatu yang nyaman juga penting banget dikenakan saat bermain badminton. Yang namanya berolahraga tentu akan membuat badan berkeringat,. Kenakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Begitu juga dengan alas kaki, pilihlah sepatu yang memiliki sol kuat dan tidak licin untuk menghindari cedera di atas karpet badminton.

Nah itu dia 5 perlengkapan badminton yang diperlukan agar permainan badminton bisa semakin optimal. Sekarang ini mungkin karena masa pandemi akses kita jadi terasa terbatas, tapi olahraga tetap harus dilakukan secara rutin agar tubuh tetap fit.

Jangan pada rebahan all day long ya? Olahraga favorit kalian apa sih? Ayo terus tekuni. Yang penting stay safe and healhy selalu. Imangkan juga dengan pola makan yang sehat dan vitamin.

x.o.x.o

travel galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *