Setelah Pandemi Usai Gue Mau Mudik Sambil Road Trip Keliling Pulau Jawa

84 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

“Mau jalan-jalan ke mana setelah pandemi usai?” Ada 1001 lebih tempat yang rasanya ingin gue kunjungi untuk menjawab pertanyaan itu. Mungkin ini akibat dari kurang piknik yang terlalu lama, setiap kali melihat tempat wisata di media sosial, gue terus bermimpi untuk bisa ke tempat itu.

Bahkan, baru beberapa hari yang lalu gue sempat meminta suami untuk membuat SIM internasional biar ketika pandemi ini berakhir, kami bisa pergi ke New Zeland dan melakukan road trip dengan campervan. Tolong salahkan buku #TemanTapiMenikah Living in a Campervan-nya Ayudia dan Ditto yang baru saja gue baca. Otak gue langsung berimajinasi liar membayangkan gue dan suami untuk melakukan hal yang sama.

Untung gue punya suami super pengertian. Alih-alih mengatakan mimpi gue tadi itu masih lama bisa diwujudkan (mahal soalnya ya harga tiketnya, belum lagi ke NZ harus tambah doping vaksin), dia malah mengajak gue menonton chanel Youtube-nya Ayudia dan Ditto. Setelah puas menamatkan beberapa episode petualangan mereka dengan campervan, gue jadi sadar. Yang gue inginkan bukanlah road trip di New Zeland, gue cuma rindu bertualang denga mobil putih kesayangan gue bersama suami.

Jadi, sebenarnya jalan-jalan ke mana yang paling gue inginkan setelah pandemi ini usai? Yang paling pertama gue inginkan adalah, gue mau pulang ke Bondowoso aja. Dua tahun sudah gue enggak ketemu ibu dan bapak gara-gara Covid-19. Beberapa kali sebenarnya sempat merencanakan mau nekad aja pulang, tapi setiap kali memikirkan kondisi ibu dan bapak yang sudah sepuh, kok aku khawatir malah bawa penyakit dalam perjalanan pulang.

Mudik Roadtrip Setelah Pandemi Usai

Dulu gue suka bersyukur tinggal jauh dari ibu dan bapak. Bukan karena kami jadi jarang ketemu sih, tapi yang bikin gue senang, setiap kali mau pulang ke Bondowoso artinya gue berkesempatan mengunjungi kota-kota lain antara Jakarta – Bondowoso. Gue bebeas menentukan rute mau lewat mana, mampir mana, nginep di mana.

kalau ke Solo, gue selalu merasa wajib ke Pasar Triwindu

Begitu juga rencana setelah pandemi usai nanti. Gue mau mudik sambil roadtrip menyusuri pulau Jawa. Di dalam kepala gue sudah terbayang beberapa kota yang ingin gue singgahi: Solo, Tawangmangu, Kediri, Tulungagung, Blitar, Lumajang, dan Jember. Yups, gue sudah membayangkan ingin menyusuri jalur selatan buat mudik nanti. Biar saat kembali ke Jakarta lewat utara dan wajib mampir di Lasem.

Soal menginap di mana gue enggak pernah pusing sih. Karena selalu ada properti  RedDoorz yang bisa gue andalkan hampir di seluruh Indonesia. Menginap di RedDoorz itu harganya terjangkau, jadi gue bebas dari kepusingan memikirkan budget traveling yang membengkak akibat menginap cukup lama. Tapi meski enggak mahal, bukan berarti fasilitas yang diberikan murahan. Karena RedDoorz memberikan garansi layanan seperti ketersediaan wifi, TV satelit, air mineral, linen bersih, kamar mandi bersih, dan perlengkapan mandi.

Bisa lihat Semeru sejelas ini coba kalau melintas dari jalur selatan

Semenjak masa pandemi, gue semakin berhati-hati untuk menginap di luar. Suka kepikiran ini penginapannya bersih enggak ya? Bukan bersih dari debu kotoran gitu maksud gue, tapi dari kuman, bakteri, virus. Paham kan ya maksud gue? Terserah mau dianggap parno atau apa, tapi buat gue kesehatan tetap harus dinomor satukan dong.

Untungnya di properti RedDoorz ini sudah ada HyginePass-nya. Jadi gue bisa leluasa bebas worry kalau nanti mau menginap di sini. Gue yakin, meski pandemi sudah usai nanti, tapi sepertinya beberapa protokol kesehatan harus tetap diterapkan, karena bukan enggak mungkin muncul varian-varian baru lagi yang membuat kita tetap harus waspada.

Tapi meski begitu tentu saja gue selalu berdoa agar pandemi ini bisa segera usai. Biar gue bisa segera mudik, dan memberi kejutan sama ibu dan bapak. Mereka pasti senang sekali. Kira-kira kapan ya pandemi ini usai? Gue yakin sih sebentar lagi. Toh sekarang juga semakin banyak yang sudah divaksin, bulan ini gue dan suami akan menjalankan vaksin kedua, langkah awal agar pandemi segera usai dan kami bisa segera traveling ke berbagai tempat  lagi. Apalagi sekarang sudah mulai kan, syarat masuk tempat wisata harus menunjukkan kartu vaksin.

Menikmati Wisata Banyuwangi

Jadi begitu saja rencana traveling setelah pandemi usai? Tentu tidak sampai di sana saja dong. Setelah beberapa hari di rumah ibu, puas melepas rindu dan menikmati kopi buatan ibu, rencananya gue mau lanjut ke Banyuwangi. Ini wajib!

Beberapa kali gue merencanakan ke Banyuwangi dari Bondowoso, tapi selalu kandas karena waktu libur habis dalam perjalanan dari Jakarta ke Bondowoso. Kalau sekarang, gue yakin bakal bisa lanjut kok. Soalnya jatah cuti suami masih sangat banyak efek pandemi enggak bisa kemana-mana juga. Lagipula, sepertinya kebijakan untuk work from home di kantor suami masih cukup lama. Jadi bisalah, traveling sambil kerja online. Gue aja selalu begini kok, yang penting ada koneksi internet.

Pantai Pulau Merah kalau libur lebaran ya kaya gini, ramai

Gue baru satu kali aja berwisata ke Banyuwangi, yaitu ke Pantai Pulau Merah. Itu pun cuma main beberpa jam aja, karena pulang-pergi dari Bondowoso-Banyuwangi pas libur lebaran. Puas? Ya enggaklah…. Makanya gue selalu menyiapkan bucketlist tempat wisata Banyuwangi yang bakal gue kunjungi. Nih dia listnya.

Taman Nasional Alas Purwo

Ini tuh bucketlist tempat wisata Banyuwangi paling atas gue. Gue selalu senang kalau bisa berkunjung ke taman nasional. Setelah beberapa kali gue main ke Tanam Nasional Baluran, next trip gue harus ke Taman Nasional Alas Purwo. Gue mau menikmati padang savana di Sadengan serta bermain-main di beberapa pantai yang ada di TN Alas Purwo ini, seperti Pantai Plengkung dan Pantai Pancur.

Pantai Teluk Hijau

Yang ini letaknya di Taman Nasional Meru Betiri. Kalau lihat foto-foto yang beredar di internet air laut di pantai ini tuh warnanya biru kehijauan dan jernih banget. Mupeng gue. Adik ipar di Bondowoso beberapa kali sudah mengajak gue ke sini, tapi lagi-lagi masih belum jodoh.

Jawatan Benculuk

Di mana coba main-main di hutan tapi rasanya kayak lagi di negeri bangsa peri kalau bukan di Jawatan Benculuk? Ah gue sok tahu, padahal cuma lihat-lihat foto di media sosial orang-orang aja, belum pernah ke tempatnya langsung, tapi aura magis terasa banget dari tempat ini. Tiap kali lihat gambarnya gue selalu ingin teriak “Take me there, please….

Lori Wisata Kalibaru

Siapa yang kangen naik kereta api? Walaupun rencana traveling gue setelah pandemi usai ini menggunakan kendaaraan pribadi, tapi gue akan tetap bisa kangen-kangenan naik kereta api. Gue mau naik lori wisata melintasi perkebunan kopi.

Kawah Ijen

Lokasi Kawah Ijen ini sudah berbatasan sama Bondowoso, makanya gue masukkan di bucketlist paling akhir, biar sekalian balik ke Bondowoso. Rugi sih kalau enggak sekalian ke sini sih menurut gue. Di Kawah Ijen ini terdapat fenomena alam berupa blue fire alias api biru yang hanya ada dua di dunia, Kawah Ijen dan Islandia. Islandia masih terlalu jauh untuk bisa gue raih, Kawah Ijen aja dulu ya.

Sementara ini bucketlist wisata Banyuwangi gue baru ada 5 itu aja. Meski sebenarnya masih banyak sih yang ingin gue kunjungi di Banyuwangi. Karena pastinya gue akan beberapa hari di Banyuwangi, tentu gue akan mencari penginapan di Banyuwangi, masa iya gue harus tiap hari bolak balik Bondowoso  – Banyuwangi sih.

Itu sih kurang lebih rencana gue setelah pandemi usai. Kira-kira kapan ya masa pandemi ini resmi berakhir di Indonesia? Badan gue rasanya lumutan di rumah aja, butuh jalan-jalan dari ke gunung, hutan, lalu lari ke pantai. Kalau elo pada mau jalan-jalan ke mana setelah pandemi usai?

x.o.x.o

travel galau

29 thoughts on “Setelah Pandemi Usai Gue Mau Mudik Sambil Road Trip Keliling Pulau Jawa

  1. Mbaaaa diaaaan, ihhhh kita samaaaaa, gara2 nonton videonya ayu-dito NZ itu udh aku masukin dlm list after pandemic. Sbnrnya sih NZ ini planningnya memang THN ini. Lah pandemi melanda, apa daya. Jadi kalo itin dan budget aku udh ada. Dan pengen campervan memang bareng anak2. Apalagi NZ winternya bertepatan bgt Ama libur sekolah seharusnya kan.

    Cuma anakku yg bungsu udh minta aja, after pandemic ke Jepang dulu, Krn dia 1-1 nya yg blm melihat Jepang hihihi. Jadi mungkin negara pertama Jepang dulu, baru THN berikutnya NZ. Kalo udah Border pastinyaaa :D.

    Cuma kalo road trip di Indonesia, itu juga aku sukaaa kok. Beberapa kali trip keliling Jawa waktu itu. Aku pengen kalo udh bisa malah ke Sumatra, sampe Medan ngeliat ortu dan ke Aceh sekalian Krn dulu aku besar di sana walo bukan org Aceh. Udh ngimpi2 banget planning road trip kliling Sumatra ini. Tp memabg butuh cuti yg ga sbntr. Makanya ga bisa bentrok pastinya Ama plan ke LN. Nasib cuti terbatas hahahahah

  2. Planningnya sudah kece nih. Tinggal nunggu pandemi berakhir. Dulu aku pasti ngerencanain setahun sebelum traveling dan udah pesen tiket pesawat dan voucher hotel.
    Sekarang masih was was dong hehehe

  3. Perencanaan yang mantap dari Kak Dian. Sepertinya daku kudu bikin wishlist tertata seperti itu biar pas keadaan udah kondusif bisa langsung cuss.

    Kalau daku pinginnya pulang kampung sama pergi umroh, Kak. Kita sama-sama berdoa biar sehat² terus, dan normal kembali bumi ini, aamiin

  4. Duh, Mbak Dian. Bikin mupeng aja nih. Kalau ingat Banyuwangi banyak banget yang pengin kukunjungi juga. Belum pernah ke sana. Tahun 2018 dapat undangan ke Kawah Ijen dan Desat Adat Kemiren, tapi gagal berangkat hiks. Sego tempong dan kopi osingnya luar biasa, karena waktu itu sempat dikirimi kopi dari teman di sana. Semoga terwujud ya Mbak, biar bs hepi-hepi bareng keluarga di Bumi Blambangan. Nginep di RedDoorz memang idaman, praktis dan terjangkau dengan kenyamanan yg menenangkan.

  5. Mampir ke SUmenep jangan lupa haha.. Aku pun pengen banget raodtrip..tapi ke Jogja sampe Jakarta dan Bandung hehe.. Roadtrip emang seru sih…

  6. nanti kalau pandemi usai saya mau jg ke malang nih, ke kawah ijen yang bikin penasaran dengan belerang yang wonderfull kala malam tiba

  7. Wisata Banyuwangi memang nggak ada matinya. Saya taun 2012 pernah ke Teluk Ijo dan indahnya Masya Allah susah dibayangkan. Pasirnya bersih dan nyaman banget. Masih sepi pula.

    Pulangnya mampir ke pulau Merah niatnya nunggu sunset, eh kena mendung. Ya udah ngewarung aja makan mie instan hehe

  8. Oh kalau lewat Solo wajibnya mampir ke Pasar Triwindu ya, Mbak. Memang banyak barang antik di sana, sih. Mbak Dian banget pastinya 🙂
    Wisata Banyuwangi juga menarik semua, tuh. Sayang aku belum pernah ke sana. Sebelum pandemi pernah ada rencana ke sana sih, tapi belum terwujud. Semoga setelah pandemi usai bisa ke sana juga.
    Sehat-sehat yaa kita semua.. biar bisa mewujudkan salah satu mimpi: traveling 😀

  9. Oh iya bener…
    Di kawah ijen bisa melihat blue fire yaa…
    Teteh uda punya bucket list nya aja niih.. Impianku cuma 1 siih… bisa segera haji. Eh, hahha..soalnya pas pandemi gini, antrian kami semakin tak terduga panjangnya.

    Semoga setelah pandemi usai, kuota haji diperbanyak sehingga kami masuk daftar secepatnya.

    Kami suka loo..minta rekomendasi menginap di RedDoorz. Karena selain pilihan harganya variatif, fasilitasnya juga lengkap bingit.

    1. haji juga masuk bucket list aku. impian aku bisa berangkat haji saat usia 40. eh tapi itu tahun depan. dengan kondisi sekarang entahah…….

  10. Ada banyak yang ingin aku kunjungi kak huhu rasa pengen banget melepas penat. Semoga ada rezeki lebih, sehat dan panjang umur ya biar bisa traveling ke destinasi impian.

  11. Hehehe kok sama ya kita, banyak impian ke luar negeri ujung-ujungnya yaa yang deket-deket aja, yang penting jalan-jalan saking betenya di rumah mulu. Btw, Banyuwangi banyak juga ya spot wisata yang bagus

  12. Aku belum pernah ke Banyuwangi. Semoga seusai Pandemi ini bisa ke Banyuwangi dengan Aman tanpa masker maskeran segala.

  13. Kalo aku pingin silaturahmi ke rumah bude yg sakit di Yogyakarta, dari awal pandemi udah ditelepon buat kesana usai koronce tapi yhaaa…

    Terus berkelana di Yogyakarta juga pastinya hehe

    1. semoga masa pandemi ini bisa segera berakhir ya, mbak. aku berharap si koronces akan segara pamitan dari ibu pertiwi. biar kita bisa bebas berkelana kaya dulu lagi. aamiin

  14. Yuk mari sama-sama berdoa biar pandemi ini cepat selesai, aku juga udah gak sabar nih pengen jalan-jalan keliling buat nyari udara segar dan ketemu doi yang terpisahkan pulau 🙁

    Ini bucketlist-nya kayaknya bisa dijadiin referensi nih, walaupun gak tau kapan aku bisa ke Banyuwangi, tapi kan sapa tau nanti iseng pengen kesana bisa cus cek tempat-tempat disini

  15. Mbak, aq tetep mau ke New Zealand. Suatu hari nanti. Ahay. Aamiin
    Anyway Banyuwangi itu memang salah satu destinasi yang masuk list ku juga. Padahal adik iparku dari sana, tapi aku belum pernah ke sana. Nyeberang mau ke Bali doang sih alias numpang lewat. Untung udah ada reddors nya kalau mau keliling Banyuwangi

  16. Udah banyak yang kangen travelling ya kak, apalagi aku juga merasakan hal yang sama.
    Punya rencana buat roadtrip keliling paulau jawa, keren banget sih.
    Jadi pengen ikutan roadtrip deh.

  17. Nah bener banget, banyak banget lokasi yang pengen dituju tapi ada aja halangan dalam perjalanannya.. Semoga bisa cepet selesai ah pandemi ini, bikin kesel banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *