#RaihIkhlas di Bulan Ramadan dengan Investasi Via OVO | Invest

78 / 100

Ramadan kembali tiba. Untuk kedua kalinya sepertinya lebaran tahun ini gue terpaksa menahan diri untuk enggak pulang. Memangnya enggak kangen? Kangen banget. Jarak yang cukup jauh antara aku dan ibu selama ini saja sudah membuat gue harus bisa menahan rindu pulang satu tahun sekali. Sekarang karena masa pandemi, dua tahun sudah gue dan Mas Metra terpaksa tidak bersua dengan ibu dan bapak, dan keluarga di Bondowoso.

Sedih? Pasti. Tapi mau bagaimana lagi. Anggap aja ini memang bagian dari ujian untuk keikhlasan kami. Saat ini, gue, dan mungkin juga para teman-teman Travel Galau, tengah diuji keikhlasannya dengan harus bersabar tidak bisa bekumpul lebaran seperti biasanya. Gue yakin insya Allah hasil dari #RaihIkhlas ini akan seperti pelangi setelah hujan.

Dari pada gue mengeluh akan rasa rindu yang akan berujung pada semakin rindu dan mood semakin kacau balau, lebih baik gue fokus ke hal lain yang lebih bermanfaat. Kondisi pandemi ini memang membuat banyak hal jadi serba tak menentu ya. Tapi gara-gara pandemi, gue yang biasanya galau pengen liburan tapi saldo rekening tiris akibat main melulu, sekarang saldo rekening gue alhamdulillah sehat dan aman. Tapi kan sayang ya kalau cuma dibiarkan begitu aja. Makanya, gue jadi mulai berpikir untuk mulai berinvestasi. Biar makin cuan, dan bisa jadi modal mudik dan traveling berikutnya kala kondisi sudah membaik.

Investasi Aman dan Mudah Lewat OVO | Invest

Tentunya sudah pada akrab dong sama aplikasi OVO? Selama ini OVO hanya merupakan alat pembayaran digital bagi gue. Tapi rupanya semenjak awal tahun kemarin, tepatnya 26 Januari 2021, OVO meluncurkan OVO | Invest yang merupakan terobosan terbaru untuk berinvestasi lewat integrasi e-money dan e-investment dalam bentuk investasi reksadana. Ah, ini kesempatan buat gue bisa menabung dengan cara yang mudah nih.

Syarat paling utama untuk bisa menggunakan layanan OVO | Invest adalah akun kita sudah menjadi OVO Premier terlebih dahulu. Setelah itu pastikan aplikasi OVO di smartphone kita sudah diupdate dengan versi terbaru.

Buka aplikasi OVO, dan lakukan pendaftaran di layanan OVO | Invest. Hanya dengan modal minimal Rp 10.000 saja, kita sudah bisa berinvestasi reksa dana. Praktis dan mudah banget kan ya?

5 Alasan Kenapa Harus Berinvestasi di OVO | Invest

Jujur, gue adalah pribadi yang selama ini paling jarang menabung. Tapi melihat kondisi pandemi setahun terakhir ini, gue memang mulai berpikir mungkin ini adalah saatnya untuk gue mulai beinvestasi. Berkenalan dengan OVO | Invest ini membuat gue tertarik. Ada beberapa alasan kenapa menurut gue memang sebaiknya memilih berinvestasi di OVO | Invest, seperti:

1. Serba online

Sekarang ini memang jamannya serba online, begitu juga dengan OVO | Invest, semuanya serba online. Mulai dari pendaftaran, pembelian hingga penjualan semuanya dilakukan secara online. Ini sangat mempermudah terutama di masa pandemi seperti sekarang yang memang sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah.

2. Enggak mahal

Mulai dari Rp 10.000 saja sudah bisa mulai berinvestasi di reksadana. Enggak mahal dong. Nantinya tinggal disesuaikan saja dengan penghasilan yang ingin disisihkan untuk investasi atau dana yang ingin kita tabung.

3. Proses pencairan enggak ribet

Gue sudah coba utak-atik OVO | Invest ini, kalau misalkan kita ingin menjual investasi kita kita enggak pakai ribet. Proses pencarian dananya bisa langsung ke OVO Cash ataupun langsung ke rekening bank yang kita daftarkan.

4. Potensi keuntungan dan return investasi diberitahu

Gue adalah newbie dalam hal investasi. Sudah pasti gue masih banyak bingungnya. Tapi yang menyenangkan dalam layanan OVO | Invest ini, ketika gue mau beli reksadana, potensi keuntungan dan return investasi diberitahu terlebih dahulu. Tentunya dengan hitungan perkiraan dari kondisi beberapa bulan terakhir ya. Enggak ada yang 100% akurat dalam hal investasi. Tapi jelas dengan diberitahukan soal potensi keuntungan dan return investasi ini, gue jadi enggak ragu untuk mulai berinvesatsi

5. Kinerja portfolio invstasi dipantau langsung via aplikasi OVO

Cukup lewat aplikasi OVO aja, kinerja porfolio investasi kita bisa dipantau langsung. Enggak perlu ribet harus menginstall aplikasi baru lagi dulu, toh gue sudah ada aplikasi OVO sejak lama.

Cara Registrasi dan Melakukan Pembelian Reksadana di OVO | Invest

Gimana, gampang, praktis, dan enggak mahal bukan untuk memulai investasi reksadana di OVO | Invest ini? Pasti mulai bertanya-tanya deh, gimana caranya? Sabar, bakal gue kasih tahu kok soal langkah-langkah registrasi dan cara melakukan pembelian reksadananya.

Cara untuk registrasi OVO | Invest ini gampang banget. Pertama pastinya masuk dulu ke aplikasi OVO, kemudian pilih layaran OVO | Invest, dan langkah-langkah pendaftaran berikut ini:

  1. Klik Mulai Sekarang
  2. Centang di bagian syarat dan ketentuan. Kemudian isi profil risiko kita sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

3. Isi data diri, tunggu akun kita diverifikasi. Estimasi verifikasi 1 x 24 jam hari kerja. Gue kemarin baru daftar di saat weekend, jadi baru di hari Senin notifikasi kalau registrasi gue sudah berhasil gue dapatkan. Tapi cukup cepat sih menurut gue. Mungkin kalau di hari kerja enggak akan selama ini.

4. Setelah akun OVO | Invest sudah terverifikasi, saatnya beli reksadana. Pastikan terlebih dahulu ada saldo OVO-nya ya.

5. Klik menu Beli, kemudian pilih perusahaan investasi, dan masukkan nominal pembelian. Ingat, minal Rp 10.000. Bila sudah, klik Lanjutkan, lalu Setuju.

6. Pembelian reksa dana selesai dilakukan deh. Tinggal menunggu unit yang kita beli selesai diverifikasi. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 1-2 hari kerja. Gue sudah berhasil punya unit reksa dana pertama gue lewat OVO | Invest.

Cara Jual Reksa Dana di OVO | Invest

Sudah punya akun OVO | Invest, sudah punya sejumlah unit reksa dana, tiba-tiba berencana mau jual, mungkinkah? Mungkin banget dong. Dan caranya juga sama praktisnya. Yuk, simak lagi:

  1. Masuk ke layanan OVO | Invest, kali ini klik Beli, dan pilih investasi mana yang mau kita jual.
jual.jpg
  1. Masukkan nominal yang ingin dicairkan, kemudian klik Konfirmasi, lalu pilih proses pencairan.
nominal jual.jpg
konfirmasi penjualan.jpg
  1. Selanjutnya OVO akan meminta security code, setelah dimasukkan, otomatis dana pencairan akan masuk ke saldo OVO.
penjualan berhasil.jpg

Praktis banget bukan? Senang deh gue akhirnya bisa mulai belajar berinvestasi. Padahal dari lama sadar banget mengelola keuangan itu penting. Tapi dasar gue aja yang kadang terlalu malas. Memang ada hikmahnya juga masa pandemi ini, ramadan kali ini masih belum bisa pulang, gue belajar #RaihIkhlas dan bisa mulai menginvestasikan uang yang biasanya buat tiket mudik jadi unit reksadana.

Kalian gimana? Sudah mulai punya berapa banyak unit reksa dana nih? Kalau belum, yuk berinvestasi sekarang juga lewat OVO | Invest #GercepBiarMantep. Jangan lupa pantau media sosial OVO | Invest dan aplikasi OVO mu agar enggak ketinggalan info promo-promo menarik dari OVO | Invest. Pasti mupeng kan? Segera investasi di OVO | Invest. Infonya langsung aja klik di sini ya.

x.o.x.o

travel galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *