Nia Ramadhani dan 4 Artis Lainnya yang Berhasil Bangkit Setelah Terjerat Narkoba

70 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Bukan rahasia umum sih ya, narkoba seperti menjadi sesuatu yang dekat dengan kehidupan sang artis. Meski gak semua,  tapi cuku banyak artis yang menjadi bagian dari penggunaan barang haram tersebut, mulai dari aktor, musisi hingga pelawak bisa dengan mudah terkena narkoba.

Pada akhirnya mereka yang tertangkap karena penggunaan narkoba ada yang mendekam di balik jeruji penjara atau menjalani rehabilitasi. Hal ini tak hanya nama besar yang tercoreng, karier yang sudah dibangun selama bertahun-tahun dengan susah payah juga harus runtuh seketika.

Namun meski begitu, bukan berarti gak ada kesempatan bagi mereka untuk bangkit dari keterpurukan. Meski gak mudah, tapi terbukti beberapa artis berikut ini berhasil bangkt. Penasaran gak sih siapa aja mereka ini? Yuk, lanjut  baca tulisan ini.

5 Artis yang Pernah Terjerat Narkoba

Jefri Nichol

Jefri Nichol ditangkap petugas Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada 23 Juli 2019. Dari penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti narkoba berupa ganja seberat 6,01 gram.

Atas kasus tersebut, Jefri divonis tujuh bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 November 2019.

Tak butuh waktu lama bagi Jefri untuk bangkit. Setelah keluar dari panti rehabilitasi, pria kelahiran 15 Januari 1999 ini kembali mendapat tempat di industri hiburan dan bermain di sejumlah film, seperti “Jakarta vs Everybody”, “Dear Nathan: Thank You Salma”, dan “Sri Asih”.

Roger Danuarta

Roger Danuarta diketahui pernah tersandung kasus narkoba. Tepatnya pada Februari 2014, pihak kepolisian menemukan Roger di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur, dalam kondisi overdosis narkoba di dalam sebuah mobil.

Ketika itu kondisi Roger masih dalam pengaruh jarum suntik yang menempel di tangannya. Pihak kepolisian pun menemukan paket ganja bersamanya.

Terbuktinya Roger menggunakan narkoba membuatnya dijatuhkan hukuman satu tahun penjara dan direhabilitasi di panti rehabilitasi BNN. Setelah menghirup udara bebas, Roger perlahan menata kembali hidupnya dan membangun kariernya kembali sebagai pesinetron, termasuk membintangi sinetron religi.

Bahkan Roger juga telah menjadi mualaf pada Ramadan 2019. Ia juga menikahi Cut Meyriska pada 17 Agustus 2019.

Kini Roger dan sang Istri telah dikaruniai anak yang menggemaskan bernama Shaquille Kaili Danuarta yang lahir pada 17 Juli 2020. Roger juga kembali kebanjiran tawaran syuting sinetron dan FTV.

Raffi Ahmad

Pada 27 Januari 2013, Raffi Ahmad ditangkap oleh Badan Narkotika National (BNN) di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Raffi ditangkap bersama teman-temannya yang ikut berpesta narkoba.

Setelah diperiksa oleh pihak berwajib, Raffi dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis methylone. Namun, karena narkoba yang dikonsumsi Raffi tidak ada dalam undang-undang, membuatnya hanya perlu menjalani rehabilitasi selama tiga bulan di Unit Pelaksana Teknis Terapi dan Rehabilitasi BNN di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Setelah dinyatakan selesai dari rehabilitasi, perlahan Raffi membangun kembali namanya di dunia hiburan tanah air. Sukses lepas dari narkoba, karier Raffi terus melejit dan mendapat banyak pekerjaan dari presenter hingga bintang iklan.

Bahkan kini Raffi telah membangun banyak bisnis di luar dunia hiburan. Ia diketahui telah banyak membuka bisnis dari mulai fashion, makanan, oleh-oleh, label rekaman hingga manajemen artis.

Suami dari Nagita Slavina ini menjelma sebagai salah satu artis terkaya di Indonesia. Tak hanya dari televisi, miliaran rupiah per bulan juga ia dapatkan dari adsense YouTube dan endorse media sosial. Raffi bahkan membeli sebuah klub sepak bola yang diberi nama RANS Cilegon FC.

Kirana Larasati

Kirana Larasati juga pernah menjadi seorang pengguna narkoba sejak usia 18 tahun selama hampir tiga tahun lamanya. Ia juga mengaku menjadi pencandu berat minuman beralkohol. Kirana mengaku menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol sebagai pelarian di tengah tekanan hidup tinggi.

Bertahun-tahun menjadi seorang pengguna narkoba dan pecandu alkohol akhirnya membuat aktris kelahiran 1987 tersebut tersadar bahwa menggunakan barang haram itu bukanlah jalan untuk menyelesaikan masalah. Dengan kemauannya sendiri, ia bertekad keluar dari jeratan barang tersebut hingga di tahun 2012 lalu ibu satu anak ini sudah benar-benar lepas dari narkoba.

Nia Ramadhani

Nia Ramadhani dan suaminya Ardi Bakrie telah bebas dari rehabilitasi setelah terjerat kasus penyalahgunaan narkoba pada 29 Maret 2010. Pasangan yang menikah pada 1 April 2022 sempat menjalani rehabilitasi di Fan Campus, Bogor, Jawa Barat.

Kini baik Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sudah menjalani aktivitasnya seperti sediakala. Meski awalnya terpuruk karena masalah tersebut, namun sahabat Marshanda itu memetik banyak hikmah dari kasus yang dialaminya.

β€œSekarang saya melihatnya kejadian kemarin adalah suatu tangga pembelajaran yang besar buat kami dan saya enggak mau kejadian kemarin membuat kita menjadi terpuruk,” ucap Nia Ramadhani 

Usai terbebas dari jerat narkoba, Nia Ramadhani kini semakin aktif berolahraga. Lewat media sosial Instagram-nya, istri Ardie Bakrie itu kerap memamerkan momen saat dirinya mengikuti kompetisi lari dan golf.

Nia gemar bermain golf dan tennis. Sedangkan dalam olahraga lari sang suami menjadi suporter sejatinya. Nia kerap berlatih lari hampir setiap hari di Gelora Bung Karno, Senayan. Baru beberapa bulan pasca keluar dari rehab, Nia sudah mengikuti berbagai lomba lari berikut ini: 

  • 16 Juli 2022 – Onepride Fun Run 5K
  • 18 September 2022 – Jelajah Timur Run For Equality
  • 16 Oktober 2022 – Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K

Keren ya?! Jujur merasa salut melihat usaha untuk bisa bangkit lagi. Gak mudah lho.  Aku aja rasanya penuh perjuangan untuk bangkit dari depresi kemarin, ini pun rasanya masih tertatih-tatih.

Tentunya Nia bisa bangkit ini berkat dukungan dari keluarga dan teman-temannya juga. Lihat deh gimana suami dan anak-anak Nia ngasih support saat Nia lagi lari marathon. So sweet banget aku lihatnya. Pengen juga dapet support kaya gini.

Semoga semua usaha bangkit ini gak sia-sia dan bisa terus bertahan ya. 

x.o.x.o

travel galau

4 thoughts on “Nia Ramadhani dan 4 Artis Lainnya yang Berhasil Bangkit Setelah Terjerat Narkoba

  1. Yg bikin miris, terkadang ada yg terjerumus narkoba, bukan Krn tekanan hidup, tapi cuma iseng coba2 , dan akhirnya keterusan. Sepupuku ngalamin soalnya. Dan susaaah banget utk bener2 bersih. Skr sih katanya udh bersih, cuma memang Krn dia udh terlanjur lama pakainya, jadi kayak kurang bisa berpikir jernih dan cepat kayak dulu. Mikirnya jadi lamaa.

    Salut utk mereka yg bisa bener2 lepas , Krn itu ga mudah. Godaan saat rehab atau di penjara sekalipun juga masih gede :(. Semoga Nia dan teman2 artis lain benar2 bangkit dari jeratan narkoba Krn biar gimana mereka public figure yg sering dijadiin panutan. Aku aja baca Nia kuat marathon segitu jauh, jadi termotivasi mau latihan lebih keras πŸ˜„. Pengen bisa juga.

    1. Whaaa iya mbak bisa karena coba-coba, ditawari teman malah jadi kecanduan.
      Alhamdulillah para Artis di atas bisa jadi inspirasi nih bahwa bisa loh sembuh pasca rehab Dan kembali produktif. Keren banget seperti Nia Ramadhani yang bisa half marathon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *