liburan di jakarta

Enggak Mudik? Nikmati Liburan di Jakarta Enggak Pakai Mahal

bismillahirrahmanirrahim

Tulisan ini pas banget buat kalian yang mau liburan di Jakarta di saat orang-orang mudik lebaran!


“Aku enggak tahu nih lebaran nanti bisa cuti atau enggak,” begitu ujar Mas Metra di awal-awal puasa. Meski ada rasa sedih enggak bisa mudik, sebagai istri yang pengertian, gue hanya bisa menerima apa pun rencana lebaran nanti.

Tapi bukan gue kalau hanya berdiam menanti kepastian tanpa menyusun rencana apa pun. Diam-diam gue pun mulai menyusun rencana untuk liburan di Jakarta sebagai obat pelipur lara apabila memang tak bisa pulang ke Bondowoso, saat lebaran nanti.

Alhamdulillah, ternyata setelah dua minggu menjalankan ibadah puasa, Mas Metra justru membawa kabar baik: akhirnya dia dibolehkan cuti, meski enggak bisa lama seperti biasa. Ya sudahlah, berapa pun jumlah harinya, yang penting kami bisa bertemu kembali dengan ayah ibu dan keluarga lainnya di Bondowoso.

Lantas bagaimana dengan list liburan di Jakarta yang sudah gue buat ini? Jadi sia-sia dong? Ah, tentu tidak. Tidak ada yang namanya sia-sia, karena gue tinggal berbagi saja sama kalian, sobat Mrs Galau. Yup, gue yakin diantara sekian juta pembaca Travel Galau tentunya ada yang enggak mudik dan bingung, mau ngapain aja ya liburan lebaran ini.

5 Daftar Rencana Liburan di Jakarta, Enggak Pakai Mahal

Sebagian besar daftar rencana gue adalah hasil kepo di Instagram. Jadi, mohon maaf kalau foto-foto yang akan gue pajang pun berasal dari sumber lain. Kan gue gagal menikmati liburan di Jakarta. Tapi siapa tahu kalian yang baca tulisan ini, mau mewujudkan dan menuliskan kisah kalian saat libur lebaran.

Hutan Kota Gelora Bung Karno

Kalau selama ini suka iri lihat New York punya Central Park, sekarang warga Jakarta tak perlu lagi merasa iri, karena di Jakarta pun sudah ada central park-nya sendiri, Hutan Kota di Gelora Bung Karno.

Sebelumnya Hutan Kota GBK ini adalah lahan lapangan golf Driving Range di Kompleks GBK. Tujuan dari Hutan Kota seluas kurang lebih 4 Ha ini sebagai ruang terbuka hijau, paru-paru kota dan lahan konservasi serta untuk mendukung kepedulian lingkungan atau perubahan iklim yang terjadi.

Katanya ada ada 8 titik fasilitas yang tersedia dalam kawasan hutan kota ini, mulai dari kios komersil, taman amphiteater, kolam trembesi, plaza utama, ruang ganti, toilet publik, amphiteater utama, dan coffte house.

Biar enggak nyasar dan bingung, akses masuk menuju taman hutan ini bisa melalui pintu 5 dan 6 GBK. Bingung itu pintu yang mana? Itu lho, yang dekat FX. Hmmm, kayanya gue pernah deh ke tempat ini tahun lalu, saat diadakannya festival Go Food. Bener yang ini bukan ya?

Naik MRT dan Foto-Foto

liburan di Jakarta naik MRT

Kalau tadi menikmati Jakarta rasa New York, kali ini gilaran Jakarta rasa Singapore. Ah, tentunya sudah pada tahu kalau sekarang Jakarta sudah punya moda transportasi baru di bawah tanah, alias MRT.

Dari awal diresmikannya, MRT di Jakarta ini sudah menarik banyak minat banyak orang. Timeline gue sempat penuh oleh foto-foto dan testimoni saat naik MRT. Gue sendiri juga sudah mencoba naik MRT ketika masa uji coba bulan Maret yang lalu.

MRT Jakarta sekarang berada pada fase pertama, dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI. Totalnya memiliki 13 stasiun: 7 Stasiun Layang dan 6 Stasiun Bawah Tanah. 

Baik, gue harus mengakui kalau seharusnya naik MRT bukanlah tempat wisata di Jakarta. Tapi akibat gue merasa belum memiliki foto-foto keren untuk dipajang media sosial, maka gue menjadikan naik MRT ke dalam agenda liburan di Jakarta.

Berburu Foto #JakartaSepi

#JakartaSepi ini mulai viral beberapa tahun yang lalu. Foto-foto aneka gaya di tengah jalan ibukota. Tentunya kondisi seperti ini hanya mungkin dilakukan saat hari raya lebaran saja.

Biasanya komunitas fotografi melangsungkan sesi pemotretan ini di hari kedua hari lebaran. Pose yang dilakukan pun enggak tanggung-tanggung, ada yang menyetrika di tengah jalan, bergaya seolah piknik, sampai yang tiduran pun ada.

Sudah pasti gue pun ingin mencoba ikutan meramaikan #JakartaSepi. Apa daya, ternyata tahun ini gue masih belum bisa berpartisipasi. Tapi mungkin elo ada yang kebetulan di Jakarta pas hari lebaran, silakan lho berpose di tengah jalan. Jangan lupa bawa propertinya, biar semakin keren fotonya.

Lapangan Banteng

Demi apa gue sampai saat ini belum pernah main ke Lapangan Banteng? Demikian fakta apa adanya. Ke Monas gue sering, ke Kota Tua apalagi, setahun bisa beberapa kali. Tapi justru ke Lapangan Banteng gue belum pernah sama sekali. Hicks.

Tapi gue tahu kok kalau Lapangan Banteng itu keren, banyak spot foto-fotonya. Makanya gue memasukan Lapangan Banteng dalam daftar liburan di Jakarta yang ingin gue lakukan.

Rencananya gue ingin menikmati Lapangan Banteng dari sore hari, berburu sunset dan malamnya bisa menikmati air mancur menari. Ah, sepertinya meski enggak jadi lebaran di Jakarta, gue sih bakal tetap mengagendakan main ke Lapangan Banteng setelah kembali di Jakarta nanti.

Jakarta Fair

Jakarta fair 
ayo ke Jakarta fair
Ajang arena pameran dan hiburan
Ayo kita pergi ke sana
Rekreasi sekaligus berbelanja
Belanja terlengkap di jakarta fair

Jingle Jakarta Fair

Jingle Jakarta Fair sudah kembali terdengar di televisi. Timeline media sosial aku juga sudah mulai ada ajakan-ajakan untuk berkunjung ke Pekan Raya Jakarta.

Event tahunan dalam rangka ulang tahun Jakarta ini memang masuk dalam daftar wajib aku kunjungi. Biasanya aku dan Mas Metra akan mengunjungi PRJ di hari terakhir. Bukan untuk berburu diskon sih, tapi karena ingin menikmati pertunjukan Sheila on 7 menutup Pekan Raya Jakarta.

Agenda tempat wisata di Jakarta terakhir dalam daftar gue ini memang berbayar sih. Tapi enggak mahal kok. Kalau tidak salah untuk hari libur harga tiketnya Rp 40.000. Biar hemat, naik Trans Jakarta saja. Nah, tapi jangan lupa siapkan uang jajan untuk menikmati kuliner yang ada, jajan chiki, serta barang diskonan menarik lainnya.

Enjoy Your Holiday!

Jadi, sudah ada bayangan dong mau menikmati liburan di Jakarta kemana? Selain 5 pilihan tadi, sebenarnya wish list gue masih sangat banyak, temasuk naik bus wisata.

Sepertinya usai mudik nanti, gue akan menikmati bulan Juni dengan bermain di Jakarta. Enggak cuma yang ada di list ini saja sih rencananya, tapi juga mengunjungi sejumlah tempat ngopi di Jakarta.

Sedikit tips dari gue untuk menikmati liburan di Jakarta sebaiknya kenakan pakaian yang menyerap keringat dengan baik, mengingat musim panas sudah menyapa ibukota Indonesia kembali.

Have fun, enjoy your holiday! Jangan lupa untuk berkomentar menceritakan cerita liburan kalian di Jakarta atau tempat wisata di Jakarta apa saja yang ingin kalian kunjungi.

About The Author


Dian

Travel Galau, muslimah blogger Indonesia. Jakarta. Tukang main, suka moto dan dipoto, pecinta kopi dan kain nusantara.

20 Comments

  1. Lah sepemikiran kalau di JKT hunting foto jakarta sepi kayanya asyique gitu wkwkw. Kalo masa lebaran gini jakarta sepi sampai h+ berapa sih kak?

  2. Hiiih, apaan referensi liburan Jakarta, kamunya sendiri malah ke Jawa wkwkwk.. curang nih, ntar kalau aku ke Jakarta kan gak seru gak bisa bisa foto2 dijalanan sepi sama kamu Didi…Buruan balik!

  3. Ternyata gak semudah itu juga ya ambik foto #JakartaSepi hahaha.. Kocak banget. Aku penasaran sama yang bayi viral mandi di bak mandi di tengah jalan jakarta. Itu terniat banget wkwkwk

  4. Uuuuuuuuw, PRJ itu favorit keluarga kalo liburan ke Jakarta, dan kayaknya PRJ yang sekarang makin keren aja sih ya, ada pertunjukan musiknyat terus setiap hari. Dulu waktu aku kecil kayaknya belom ada. πŸ˜€

  5. Menikmati liburan saat Jakarta di tinggal mudik lebaran, pastinya jadi pilihan favorit jika krn sikon gak bisa mudik. Atau, kalau kampung halamannya justru di Jakarta, dijamin mantap jiwa bisa leluasa jelajah Jakarta tanpa galau kemacetan lalin.

  6. Aku sudah kepikiran ya enak kali saat lebaran ke Jakarta, lumayan sepi kan karena pada mudik. Dan nyari tempat buat wisata penting banget yang murah meriah pastinya

  7. Suka ngakak, kalau lihat orang pada ambil foto di Jakarta saat lebaran. Pose dan propertinya lucu-lucu. Pada kreatif.
    Untuk yang gak mudik, gak perlu galau ya…masih banyak tempat asyik untuk dikunjungi di Jakarta

  8. Aku dong pernah sengaja ke Jakarta buat sekedar pepotoan dijalanan raya yang sepi. sayangnya dulu kamera hape nya masih burem poollll kalo ngga bakalan banyak aku posting tiduran di bundaran HI hahaha

  9. Ke Jakarta naik MRT belum kelaksanain nih, bulan kemarin ke Jakarta niatnya ajak anak-anak naik MRT tapi gagal karena kemalaman, moga ada rezeki dan waktu lagi bisa jalan-jalan di ibu kota

  10. ManTul kak referensi libur lebaran di Jakarta. Pas banget kan buat jadi patokan rangorang Betawi yang gak punya kampung halaman kek aku..

    Btw kalo aku sih agenda libur lebaran di Jakarta tahun ini itu jelajah masjid sama gerebek pasar yang ada di Jakarta..

  11. Yang paling menarik yaa..#JakartaSepi .
    Woow…
    Bisa ampe sesantai itu yaa..
    Ga ditangkep polisi apa ttuh ..pose lagi nyetrika di tengah jalan, teh?
    Huhuu…ada-ada aja deeh…

  12. Banyak juga ya tempat wisata di Jakarta yang bisa dinikmati sendirian pas pada mudik begitu. Jalanan juga terlihat sepi. Anak-anak suka pastinya lari-larian di tanah lapang yg luas banget gitu πŸ™‚

  13. Aku belum kesampaian menikmati senja di lapangan banteng sambil menunggu air mancur warna warni. Yuk yk nanti aku ke jkarta kita main main yg murah y.

  14. Wkwkwkwk. Aku ngakak di bagian hunting foto saat Jakarta sepi. πŸ˜‚

    Aku yang di kampung kayak orang kurang gawean kalo lebaran malah ke Jakarta. πŸ˜‚ Anyway, tapi list di atas bisa jadi gambaran buat mbolang ke Jakarta. Selama ini aku males jalan-jalan kalo ke Jakarta, cenderung milih nyepi di rumah sidara daripada bermacet-macet ria.

  15. Wah ada hutan kota ternyata yess, aku baru tahu hehehe. Btw pengen bgt aku nyobain naik MRT dan foto ala2 biar kayak org2 wkwkwk. Disini mah teu aya MRT MRT-an hahaha.

Leave a Comment