Jalan-Jalan

Mudik Asyik Lewat Jalur Pansela: Sambil Menyetir, Sambil Cuci Mata!

jalur pansela

bismillahirrahmanirrahim,

Hai hai, haiโ€ฆ..! Lebaran tinggal menghitung hari, siapa nih yang sedang siap-siap untuk mudik? Buat yang  mudiknya jalur darat di Pulau Jawa, aku mau sharing salah satu jalur mudik yang menurut aku jalur paling kece.

Bosan dengan hiruk pikuk Pantura saat mudik? Atau juga Tol Trans Jawa yang katanya tarifnya kembali naik lebaran kali ini. Gimana kalau tahun ini, yuk coba jalur alternatif yang lebih seru dan memanjakan mata: Jalur Pansela! Aku sendiri sudah menyusuri sebagian jalur ini di bulan Januari dan Februari kemarin. Benar-benar jalur yang menyenangkan, jalanan mulus dengan pemandangan indah. Pastinya bebas tarif, alias gratis. 

Jalur Pansela, si cantik yang membentang sepanjang pantai selatan Jawa, kini telah tersambung sepanjang 1.313 km dari total 1.543 km. Artinya, kamu bisa menikmati perjalanan mudik yang lebih mulus dan bebas hambatan.

Mudik via Jalur Pansela, Mudik Sambil Cuci Mata

Mudik, sambil cuci mata. Itulah kesan yang ingin disuguhkan oleh Jalur Pansela Jawa, sebuah jalur alternatif yang menawarkan pengalaman perjalanan yang tak hanya nyaman, tapi juga memanjakan mata dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Dengan pembangunan sebagian jalur telah rampung, kita dapat membayangkan betapa serunya perjalanan melintasi pantai-pantai cantik di sepanjang jalur ini.

Dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur, Jalur Pansela memperlihatkan keindahan alam pulau Jawa secara utuh. Dengan rincian seperti Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 170 km, Batas Provinsi Banten-Sindang Barang sepanjang 416 km di Jawa Barat, Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet-Glonggong sepanjang 216 km di Jawa Tengah, Karang Nongko-Legundi-Duwet sepanjang 112 km di DIY, hingga Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger-Glenmore sepanjang 396 km di Jawa Timur, perjalanan melalui Jalur Pansela menawarkan ragam keindahan yang tak terlupakan.

Apa sih yang menarik dari Jalur Pansela?

  • Pemandangan yang tiada duanya: Bayangkan, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan panorama pantai yang memesona, deburan ombak yang menenangkan, dan hamparan sawah hijau yang menyegarkan mata. Dijamin, mudikmu jadi makin berkesan!
  • Beragam objek wisata: Nggak cuma pemandangan alam, di sepanjang Jalur Pansela kamu juga bisa mampir ke berbagai objek wisata menarik. Dari pantai-pantai indah seperti Pantai Arafa, Pantai Guha, dan Pantai Parangtritis, hingga wisata budaya dan sejarah yang tak kalah seru.
  • Mudik sambil berpetualang: Jalur Pansela menawarkan pengalaman mudik yang berbeda. Kamu bisa menjelajahi jalanan yang berkelok-kelok, melewati perkampungan nelayan yang asri, dan merasakan sensasi berkendara di tepi tebing yang menantang.

Meski masih ada sebagian ruas yang belum terbangun, hal itu tidak mengurangi pesona Jalur Pansela sebagai jalur favorit. Di balik fungsinya mendukung konektivitas, jalur ini menyuguhkan beragam pemandangan alam yang menyejukkan mata dan melintasi berbagai objek pariwisata.

Pantai-pantai yang dilewati oleh jalur ini menjadi daya tarik utama. Dari Pantai Karang Potong di Cianjur yang menawan hingga Pantai Guha yang eksotis, dari Pantai Madasari yang memesona hingga Pantai Parangtritis yang legendaris, setiap pantai menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelancong. Tidak hanya itu, Pantai Congot, Pantai Soge, Pantai Pandansimo, Pantai Laguna Glagah, dan Pantai Sendang Biru juga menjadi saksi bisu keindahan alam yang melimpah di sepanjang Jalur Pansela.

Tips Mudik Nyaman Lewat Jalur Pansela:

  • Persiapkan kendaraan: Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan. Cek oli, rem, ban, dan bahan bakar agar perjalananmu aman dan lancar.
  • Patuhi peraturan lalu lintas: Jalur Pansela memiliki beberapa ruas jalan yang sempit dan berkelok-kelok. Pastikan kamu selalu berhati-hati dan patuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan.
  • Rencanakan perjalanan: Cari tahu informasi terkini tentang kondisi jalan, objek wisata, dan tempat istirahat di sepanjang Jalur Pansela. Kamu juga bisa menggunakan peta online untuk membantu navigasi.
  • Siapkan bekal secukupnya: Di beberapa ruas jalan, kamu mungkin tidak menemukan banyak penjual makanan atau minuman. Jadi, siapkan bekal secukupnya untuk berjaga-jaga.

Yuk, Jadikan Mudikmu Lebih Berkesan dengan Jalur Pansela!

Jalur Pansela Jawa bukan hanya sekadar jalur alternatif untuk mudik, tapi juga merupakan jalur wisata yang menawarkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan. Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan ragam objek pariwisata yang menarik, Jalur Pansela siap memanjakan mata dan hati para pelancong yang mencari petualangan baru.

Siapkan dirimu untuk mudik yang tak terlupakan dengan menjelajahi keindahan alam dan budaya di sepanjang Jalur Pansela. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman untuk merasakan pengalaman mudik yang berbeda dan menyenangkan!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *