6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Alun-Alun Bondowoso

84 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah setelah 2 tahun masa pandemi yang bikin lebaran di rumah aja karena larangan mudik, tahun ini kondisi membaik. Tahun ini aku dan Mas Metra bisa kembali berlebaran di Bondowoso. Bahkan, demi mengganti rindu selama dua tahun terakhir, aku berhasil merayu Mas Metra untuk cuti panjang. Total 3 minggu kami habiskan di Bondowoso. 

Seru banget, ini kali pertama aku berada di kota kelahiran Mas Metra selama itu. Betah. Nyaman. Meski tetap ada rasa sedih mengingat  ini adalah lebaran pertama tanpa ibu. Salah satu yang bikin aku senang di Bondowoso adalah, karena lokasi rumah mertua yang berada di pusat kota, dekat kemana-mana. Bukan cuma dekat dengan Museum Kereta Api Bondowoso, tapi juga dekat banget sama alun-alun.

Setiap kali pulang ke Bondowoso, agenda tawaf di Alun-Alun Bondowoso itu sudah pasti jadi hal yang wajib aku lakukan. Jarak yang cuma sekitar setengah kilometer dari rumah bikin aku mondar-mandir alun-alun yang terletak di Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

alun-alun bondowoso

Alun-Alun Bondowoso ini punya nama RBA Ki Ronggo, sesuai dengan nama bupati Bondowoso pertama yang diangkat pada tanggal 17 Agustus 1819. Iya, pas banget 17 Agustusan ya? Pantesan Hari Jadi Bondowoso (HARJABO) juga diperingati di bulan Agustus.

Buat aku yang kalau di Jakarta rasanya kemana-mana jauh dan harus naik kendaraan, bisa mondar-mandir dengan berjalan kaki ke Alun-Alun Bondowoso ini rasanya mewah banget. Meski buka 24 jam, tapi tetap aja, waktu terbaik untuk ke alun-alun ini adalah pagi hari atau sore hingga malam hari. Aku sama sekali gak nyaranin deh ke sini siang hari, bukan apa-apa, PANAS, CHUYYYY!

Lewat tulisan ini, aku mau sharing kegiatan apa aja sih yang bisa dilakukan di Alun-Alun Bondowoso. Total yang aku hitung sih paling enggak ada 6 kegiatan asik yang bisa dilakukan di alun-alun. Check this out, Bestie!

6 Aktivitas di Alun-Alun Bondowoso 

Olahraga

Layaknya taman di kota, alun-alun merupakan tempat yang paling asik buat berolahraga. Mulai dari jogging, lari, bersepeda mengelilingi Alun-Alun Bondowoso seluas kurang lebih 3 ha. Selain itu juga terdapat lapangan basket, serta lapangan luas yang bisa digunakan untuk bermain sepak bola. 

Saat libur lebaran kemarin, aku pun rela melekan usai shalat subuh untuk keliling alun-alun. Biar kayak orang-orang yang olahraga pagi hari. Bedanya, kalau orang-orang pada pakai pakaian olahraga, aku sih tetap dong pakai rok tutu. 

Kuliner

alun-alun bondowoso

Ini salah satu alasan pertama kali aku jalan-jalan ke alun-alun ketika awal menikah: cari jajanan makanan. Ada banyak jajanan yang ditawarkan di sini. Mulai dari sarapan nasi pecel, sampai pentol bakar ada di sini. Favorit aku tuh pentol bakar yang dijual pakai gerobak berwarna hijau yang jualannya di seberang penjara. Jajanan wajib aku setiap pulang ke Bondowoso itu.

alun-alun bondowoso

Puasa kemarin hampir setiap sore aku menikmati Alun-Alun Bondowoso untuk mencari takjil.Setelah cukup lama Alun-Alun Bondowoso dilockedown karena pandemi, baru beberapa bulan terakhir ini pedagang kaki lima kembali diizinkan untuk berjualan kembali. Dan saat puasa, ada stand-stand bazar aneka makanan tersedia. Aku langsung kalap. Rasanya semua ingin dibeli, mulai dari dimsum, pizza, desert box, hingga cumi bakar.

Piknik Cantik

Ini nih salah satu trend kekinian yang muncul saat masa pandemi: piknik! Aku juga baru kemarin lihat yang piknik di lapangan Alun-Alun Bondowoso. Seru juga kayanya. Ajak Bestie untuk gelar alas piknik dan bawa beberapa camilan. Dijamin seru. Mungkin lain kali aku juga mau ah, ajak adik dan sepupu iparku buat piknik bareng. Atau bisa juga ajak teman bloger untuk meetup dan piknik bareng.

Foto-foto Instagramable

Kalau ini sih pastinya sudah pada tahu ya, kegiatan favorit aku dimanapun berada,  foto-foto yang banyak dengan alasan bikin stok konten wakakakaka…. Ah, aku yakin aku gak sendiri kok senang foto-fot.

Sejak beberapa tahun terakhir, Alun-Alun Bondowoso jadi makin cakep. Ada beberapa spot foto-foto seperti terowongan berwarna kuning, tiang-tiang warna-warni, dan sudah pasti, tempat foto wajib kalau lagi di wisata Bondowoso ini: di depan Monumen Gerbong Maut. 

alun-alun bondowoso

Selain Monumen Gerbong Maut, di tengah-tengah alun-alun juga terdapat pohon beringin yang sepertinya sih sudah jadi salah satu ciri khas alun-alun sejak dulu. Kalau malam sih rasanya horor, tapi kalau pagi atau sore hari cukup cantik untuk dijadikan sebagai salah satu spot berfoto.

alun-alun bondowoso

Playground

alun-alun bondowoso

Aku jamin, anak-anak senang diajak ke Alun-Alun Bondowoso, soalnya cukup banyak permainan yang bisa dinikmati sama mereka. Biasanya aku suka bawa keponakan-keponakan yang masih kecil, mengajak mereka untuk main di istana balon. 

alun-alun bondowoso

Yang gak kalah asik tuh, ada juga permainan yang mengasah kemampuan kreativitas. Ada stand mewarnai yang bikin aku mupeng. Kalau aku gak malu sama umur aku yang menjelang kepala 4, aku mau juga ngewarnain sailor moon.

Naik Andong 

alun-alun bondowoso

Ikhlaskan mengeluarkan isi dompet sebesar 30 ribu rupiah buat satu putaran naik andong. Hmm iya, agak mahal sih memang. Tapi ini tuh seru. Andongnya sudah dihias cantik. Tapi yang bikin makin asik, ada musik jedak jeduk yang akan menemani sepanjang satu putaran itu. 

Adik aku sampai ketagihan. Dia sampai bilang, kalau bisa ke Bondowoso lagi, pokoknya harus naik andong ini. 

Nah, itu dia 6 aktivitas yang bisa kamu lakukan di Alun-Alun Bondowoso. Semoga lewat tulisan ini, pertanyaan-pertanyaan soal “Ada apa sih di Alun-Alun  Ki Ronggo Bondowso?” jadi terjawab sudah. Kebayang kan, kenapa aku tuh betah banget main di sini? Ini baru beberapa hari kembali ke Jakarta aja, rasanya aku sudah rindu untuk kembali ke Bondowoso lagi, biar bisa jajan pentol bakar kesukaan aku di alun-alun.

Kalau kalian kebetulan berkunjung ke Kota Tape ini, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke Alun-Alun Bondowoso ya. Kira-kira nanti aktivitas apa yang bakal kalian lakukan di sini?

x.o.x.o

travel galau

2 thoughts on “6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Alun-Alun Bondowoso

  1. Mbaaa akupun mungkin bakal ikutan yg mewarnai ituuuu hahahahaha. Sukaaaaak… 🤣.

    Asiiik banget bisa 3 Minggu liburan. Aku blm bisa mudik. Ntr Juni baru ke Medan 😁.

    Bondowoso belum pernah aku datangin. Itu kuliner sekitar alun2nya pengeen ih nyicipin. Kalo soal pentol, Ntah kenapa yaaa pentol jawatimuran itu LBH cocok Ama seleraku drpd Jawa tengah apalagi pentol yg sering dijual di Jakarta 🤣🤣. Kangen makan pentol di Jawa timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.