Taman Piknik, Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Timur, Buat Piknik Bersama Bestie Ternyata Seru Juga!

83 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Warning! Tulisan ini bertabur foto-foto kece di Taman Piknik. Hati-hati dibuat mupeng dan langsung mau ke sini.

Duluuuuuuu banget, aku suka merasa iri setiap kali menonton serial atau film luar negeri ada adegan piknik di taman. Rasanya menyenangkan sekali bisa menggelar alas piknik, bawa camilan, serta piknik bersama teman, pasangan, atau pun seorang diri. Kok seru sih! Begitu pikirku dalam hati.

Aku tahu, aku juga bisa piknik seperti itu, ke Kebun Raya Bogor atau ke Taman Bunga Nusantara. Tapi kan penuh effort, jauh. Dari tahun lalu sudah bikin rencana untuk ke Kebun Raya Bogor sama teman-teman, nyatanya sampai sekarang masih sebatas wacana. Lagipula, piknik yang biasa aku lihat di TV itu rata-rata effortless kok. Lokasinya gak jauh dari pemukiman.

Aku tahu sih, sejak beberapa tahun terakhir ini, Jakarta sudah mulai banyak sekali taman di sekitar area pemukiman. Ruang Terbuka Hijau (RTH) namanya. Tak jauh dari rumahku pun ada Taman Piknik, hanya sekitar 1 km. Tapi kan ini mah dekatnya sama rumah aku, bukan rumah teman-teman aku. Gimana bisa piknik barengnya?

Piknik with Bestie di Taman Piknik

Akhirnya impian untuk bisa piknik bersama teman terwujud juga. Gak sengaja sebenarnya. Gara-gara Yesi butuh numpang kerja di rumah aku. Wow, apa itu kira-kira yang dia butuhkan jauh-jauh dari negara Sepatan sampai rela menghampiri aku di negara Jatiwaringin. 

Yah begitulah kami, para konten kreator yang sangat agak berdedikasi terhadap pekerjaannya. Kadang kami sampai rela menempuh puluhan kilometer hanya demi konten. Kaya waktu aku dan Manda liburan ke Fika Rooms Tangerang

Mari lanjutkan kisah piknik with bestie di Taman Piknik ini. Sekitar jam 1-an Yesi dan Manda tiba di rumah putih. Buat Manda sih ke rumah putih mah gak jauh. Tapi kan dia harus menanti kedatangan Yesi di halte PGC dulu, sambil beli makanan untuk bekal piknik nanti. 

Tiba di rumah putih, sat set seeeeettttt langsung selesaikan kerjaan dulu. Alhamdulillah punya teman-teman gesit kaya gini tuh. Kerjaan jadi cepat beres, dan jadi punya waktu untuk main sambil bikin konten lainnya. Mari kita piknik, bestie!!! 

Alas piknik…. cek!

Keranjang piknik…. cek! 

Bekal piknik…. cek!

Properti piknik…. cek!

Let’s go!

Buat aku sih ke Taman Piknik tuh gak jauh. Biasalah. Karena selama masa PPKM kemarin, semenjak RTH mulai dibuka, Taman Piknik jadi salah satu tempat aku buat numpang bikin konten. Tapi buat Manda dan Yesi, jalan kaki panas-panasan yaaaa sedikit sebuah siksaan. “Ayo, gaessss…. sedikit lagi sampai kok!” 

Taman Piknik, Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Timur

Taman Piknik yang terletak di  Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu ini memiliki luas 1,4 hektar. Bikin aku amazed ketika pertama kali menjejakkan di RTH ini. Gak nyangka aja seluas ini. 

Suasana asri terasa saat memasuki area yang ditanami berbagai tanaman. Baru juga masuk, aku disambut kolam dengan jalan setapak untuk menyeberanginya. Ngeri-ngeri sedap sebenarnya menyeberangi kolam ini. Tenang aja, kalau takut, kamu bisa kok lewat dari sisi sebelah kiri kolam, jadi gak perlu berjalan selangkah demi selangkah dengan jantung berdebar di atas kolam. Aku aja yang sok pengen jalan estetik di sini.

Di area taman utama ada beberapa pohon tabebuya. Jika berbelok ke arah kiri dari arah masuk, terdapat sebuah kolam yang dipenuhi eceng gondok. Sementara di sebelah kanan tersedia bangku-bangku panjang yang terbuat dari beton untuk duduk-duduk. Aku membayangkan diriku duduk-duduk sambil menikmati buku. Sepertinya nikmat.

Tapi karena agenda bersama Manda dan Yesi ini untuk piknik, aku fokus mencari area yang cukup nyaman untuk menggelar alas piknik kami. Akhirnya pilihan kami berada di sisi kiri taman (dari pintu masuk), seberang area bermain anak. Tempatnya cukup adem karena ada pohon-pohon. Mari mulai bongkar peralatan piknik!

Siapkan kamera buat behind the scene.

Gelar alas piknik.

Tata properti piknik.

Lanjut bikin konten piknik sambil bercengkrama.

Di Taman Piknik ini juga tersedia area bermain anak. Gak heran kalau sore hari taman ini cukup ramai. Ada yang berolahraga, ada juga yang membawa anak bermain. Oh iya, kalau gak salah, saat piknik ini juga ada anak-anak yang asik main-main di pinggir danau buatan. Sayangnya, aku lihat beberapa tempat sampah sudah keropos di bagian bawah. Mungkin Pemprov DKI harus mempertimbangkan mengganti bahan pembuatan tempat sampahnya, yang lebih tahan lama. 

Gak terasa waktu berlalu. Hari semakin sore. Kami masih belum shalat ashar. Jadi saatnya untuk pulang. Alhamdulillah impian untuk merasakan piknik dekat rumah kesampaian juga. Mungkin lain kali aku mau piknik lagi di sini. Atau di taman sebelahnya, karena sebelah Taman Piknik terdapat Taman Manunggal. Gak seluas Taman Piknik memang, tapi aku justru lebih senang dengan taman yang satu ini. 

Semoga Jakarta akan bisa segera tempat yang nyaman untuk warganya ya. aamiin. Buat teman-teman Travel Galau yang mau tahu tentang taman-taman di Jakarta, silakan follow Instagram @TemanTaman.Jkt Next, aku jalan-jalan ke taman mana lagi ya?

x.o.x.o

travel galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *