Berburu Kuliner Kekinian di Bazaar Ramadan 2023 Alun-Alun Bondowoso

88 / 100

bismillahirrahmanirrahim

Satu tahun lalu ketika pulang ke Bondowoso aku dibuat takjub dengan perkembangan kota kelahiran pak suami ini. Akses jalan menuju tempat pariwisata semakin bagus, beberapa hotel dan tempat-tempat pariwisata juga terlihat bermunculan. Dan yang paling bikin aku senang, aneka kuliner kekinian kini kian menjamur.

Jauh-jauh hari dari sebelum berangkat mudik, aku udah rajin nge-kepo-in akun Instagramย  @KulinerdiBondowoso untuk bikin daftar kuliner kekinian Bondowoso apa aja yang ingin aku cicipi tahun ini. Tapi ternyata karena aku datang masih di saat Ramadan, aku justru gak perlu repot ke berbagai tempat untuk berwisata kuliner. Karena sepanjang bulan Ramadan berlangsung Bazaar Ramadan 2023 di Alun-Alun Bondowoso. Cukup keliling di acara ini aja, aku sudah bisa menikmati aneka kuliner kekinian Bondowoso. Asik!!

Bazaar Ramadan 2023 di Alun-Alun Bondowoso, Ati-Ati Kalap

kuliner kekinian bondowoso

Ada 150 tenda yang terpasang di Alun-Alun RBA Ki Ronggo, tepatnya di sepanjang jalan Monumen Gerbong Maut. Totalnya sekitar 300 UMKM dari 3 paguyuban di Bondowoso, diantaranya Paguyuban Car Free Day, Paguyuban Brilian dan Paguyuban PKL  turut meramaikan acara bazaar ini. Kebayang kan pasti betapa ramainya.  Dari awal puasa aku tuh sampai gak sabar buat segera mudik karena mau jajan.

Untungnya acara Bazaar Ramadan ini berlangsung dari 23 Maret 2023 sampai menjelang akhir Ramadan. Jadi, meski aku baru bisa pulang kampung satu minggu sebelum hari raya, aku masih sempat explore aneka kuliner kekinian Bondowoso ini. Let’s go!

Hari pertama ke alun-alun, aku masih bisa menahan diri hanya beli satu takjil untuk satu orang. Hari kedua mulai nambah, dan semakin dekat ke hari raya, aku pun akhirnya kalap membeli sekaligus beberapa jenis makanan hahahaha….. Alhasil, di rumah gak sanggup makan malam lagi. Cukup makan dengan makanan hasil berburu di Bazaar Ramadan aja. 

Rasanya hampir semua ada di Bazaar Ramadan 2023 ini. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, sampai aneka kuliner kekinian. Berasa surga buat tukang jajan kaya aku tuh. Semua pengen diborong. Apa daya, kemampuan makan aku kenyataannya tak secanggih itu.

5 Kuliner Kekinian Bondowoso

Enggak bisa dipungkiri, beberapa tahun terakhir Bondowoso memang sudah berkembang cukup banyak. Aneka kuliner kekinian mulai mudah ditemui di Kota Tape ini. Kalau dulu mau cari kuliner viral harus ke Jember dulu, kini semua juga ada di Bondowoso. 

Berikut ini 5 kuliner kekinian Bondowoso kesukaan aku saat berburu di Bazaar Ramadan 2023 kemarin.

1. Surma Mbak Listy

kuliner kekinian bondowoso

Surma jadi salah satu inceran jajan pertama aku. Waktu aku bilang mau jajan surma, Mas Metra nanya “Surma itu apaan?” Aku yakin, teman-teman Travel Galau juga pasti menanyakan hal yang sama deh. Soalnya ketika tahun lalu aku disaranin jajan surma, aku juga reflek nanya gitu.

Surma merupakan makanan seperti kebab.  Terbuat dari daging yang dicincang  atau suwiran ayam, telur, dan ditambah dengan irisan mentimun, sayur segar, tomat dan saus, lalu dibungkus dengan kulit tortila. Setelah aku browsing sepertinya surma ini memang cuma ada di Bondowoso aja. Aku sih curiga sebenarnya surma itu berasal dari kata shawarma dimana merupakan cara penyajian makanan ala Tmur Tengah.

2. Risol Mayo Chubby Pastryย 

kuliner kekinian bondowoso

Siapa sih yang gak kenal camilan satu ini?  Risol mayo adalah hidangan yang terbuat dari kulit lumpia yang dibungkus dengan berbagai isian seperti daging ayam, sayuran, dan saus mayonnaise. Rasanya yang gurih dan lezat membuat risol mayo menjadi salah satu hidangan favorit di Bazaar Ramadan.

Risol mayo yang aku beli dari Chubby Pastry ini rekomendasi dari ade ipar. Harga 1 packnya Rp 10.000 isi 2. Gak mahal mengingat isinya yang cukup melimpah menurut aku. Nulis ini lagi aja, bikin aku jadi pengen lagi.

Selain  risol mayo, di stand Chubby Pastry ini juga tersedia tomyam, sando sandwich, serta mille crepes. Kekinian banget kan ya? Tapi aku cuma jajan risol mayo-nya aja. Dan menyesal gak nyoba sando sandwich-nya.

3. Dimsum Ambyar by TakeMieDrink

Aneka dimsum juga menjadi pilihan favorit di Bazaar Ramadan. Aneka dimsum Ambyar yang hadir di booth TakeMieDrink ini jadi salah satu jajanan favorit aku, katanya sih ini memang dimsum paling viral di Bondowoso. Rasa dimsum yang lembut memang cocok untuk untuk disantap sebagai menu buka puasa. Apalagi varian jenis dimsum yang ditawarkan juga sangat beragam. 

Aku kalap main pilih-pilih aneka dimsum. Isi ikan, isi jamur, isi keju, semuanya enak. Harganya juga ramah isi dompet kok. Sayangnya aku gak sempat nanya harga satuan, cuma langsung minta ditotal aja.

4. Sushi di Unnie Korean Food

Kapan lagi beli sushi harga satuan?! Beneran, di Bazaar Ramadan tahun ini ada sushi yang dijual per pieces. Harga satunya Rp 2.500 Varian sushi yang ditawarkan juga ada beberapa jenis. Dan aku iseng aja beli satu-satu. Rasanya, lumayanlah. 

Di booth Unnie Korean Food ini gak cuma ada sushi aja, tapi juga salad buah, risol mayo, serta corndog. Dan sebagai pecinta keju, aku nyesel sih gak beli corndog full moza-nya. Pasti asik makan yang lumer-lumer. Hmm…. Mungkin kapan-kapan aku datang aja ke toko mereka di jalan Kairil Anwar gang Melati 2, Badean, Bondowoso deh.

5. Mille Crepes by Lyva Kitchen

Yang baru-baru ini lagi viral juga gak ketinggalan hadir di Bondowoso, mille crepes. Dessert yang terdiri dari banyak lapisan crepes dan diisi dengan krim dijual dengan harga Rp 12.000 per potongnya di Lvya Kitchen. Aneka kue cantik berjejer manis memanggil aku untuk dibawa pulang. OMG, semua bentuknya cantik-cantik! Aku kan lapar mata, mau yang red velvet, oreo, matcha, juga keju.

Aku tuh suka sama kecantikan kue, tapi gak terlalu suka makannya. Aku pikir rasanya akan eneg, ternyata lapisan krimnya cukup ringan dan gak bikin eneg dong. Cocok banget sama lidah aku yang gak terlalu suka manis juga. Oke, approved by Travel Galau! Kalau kebetulan lagi ada di Bondowoso dan mau coba, kepoin aja IG-nya @lvya.kitchen ya.

Selain jajanan-jajanan untuk menemani buka puasa, ada juga makanan-makanan berat seperti nasi bakar dan aneka seafood. Aku sebenarnya masih mau lanjut mencoba hidangan seafood-nya. Tapi ternyata, bazaar sudah berakhir di tanggal 20 April 2023. Hicks…. Maybe next time kita kulineran di Bondowoso lagi.

Diantara jajanan-jajanan ini, kira-kira kalian paling ngiler sama yang mana? Ceritakan diย  kolom komentar ya!

x.o.x.o

travel galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *