Yuk, Kita Kenali Mukjizat Nabi Ibrahim

62 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Allah SWT memberikan mukjizat kepada para Nabi dan Rasul dengan tujuan untuk melancarkan kegiatan dakwah dalam menyebarkan ajaran Tauhid. Seperti halnya mukjizat Nabi Ibrahim yang memang begitu luar biasa. 

Nabi Ibrahim AS adalah nabi ke-6 dari 25 Nabi dan Rasul yang namanya wajib diketahui serta diimani oleh setiap Muslim. Tak hanya itu, Nabi Ibrahim juga termasuk kedalam salah satu dari 5 Nabi yang bergelar Ulul Azmi. 

Lantas, seperti apa sajakah mukjizat yang dimilik oleh Nabi Ibrahim? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Dapat Mengeluarkan Madu dari Jari Tangan

Alkisah, kala itu raja Namrud telah diberitahu oleh seorang peramal bahwasannya akan datang sosok anak laki-laki yang dapat membunuhnya. Setelah mendengar ramalan tersebut, raja Namrud pun langsung memerintahkan seluruh prajuritnya untuk membunuh semua anak laki-laki yang baru lahir. 

Tentu saja perintah raja Namrud ini membuat panik semua ibu-ibu yang baru saja melahirkan anak laki-laki, termasuk juga ibunda Nabi Ibrahim yakni Buna binti Karbeta. Demi menyelamatkan anaknya, beliau langsung membawa Nabi Ibrahim yang masih bayi ke sebuah gua dan meninggalkannya begitu saja. 

Setelah kondisi aman, sang ibu kembali lagi ke gua untuk mengambil Nabi Ibrahim. Namun, beliau terkaget-kaget karena mendapati Nabi Ibrahim yang sedang menghisap jari-jari tangannya yang keluar madu. 

2. Dapat Merubah Pasir Menjadi Makanan

Raja Namrud membuat kebijakan untuk tidak memberikan bahan makanan kepada Nabi Ibrahim dan kaumnya karena tidak menganggap dirinya sebagai Tuhan. Meski demikian, Nabi Ibrahim masih tetap mendatangi istana raja Namrud sambil mengatakan bahwa Tuhan semesta alam itu hanya Allah SWT. 

Tentu saja perkataan dari Nabi Ibrahim tadi semakin membuat marah raja Namrud. Ditengah-tengah kesulitan yang menimpa dirinya dan kaumnya, Nabi Ibrahim memasukkan pasir ke dalam sebuah karung sampai penuh. 

Nabi Ibrahim pun sambil mengatakan bahwa karung tersebut telah dipenuhi oleh makanan. Saat keesokan hari, sang istri Nabi Ibrahim memasak makanan yang didapatnya dalam kantong pasir. Begitu pun dengan kaumnya yang juga mendapatkan makanan dari kantong pasir tersebut. 

3. Mampu Menghidupkan Makhluk yang Sudah Mati

Kisah Nabi Ibrahim yang kala itu menghidupkan 4 ekor burung telah diabadikan dalam QS. Al-Baqarah ayat 260 yang artinya:

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman: “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab: “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman: “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Alla Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

4. Tidak Mempan Dibakar Api

Nabi Ibrahim yang telah beranjak dewasa benar-benar membuat raja Namrud panik. Pasalnya, Nabi Ibrahim menghancurkan semua patung-patung berhala. Namun, waktu itu Nabi Ibrahim menyisakan satu patung yang ukurannya paling besar. 

Pasca penghancuran berhala, raja Namrud benar-benar sangat marah dan langsung memerintahkan pasukannya untuk menangkap dan membakar Nabi Ibrahim AS. Ketika api mulai dinyalakan, Nabi Ibrahim tetap tenang seraya memohon pertolongan kepada Allah SWT. 

Kisah itu pun telah diabadikan dalam QS. Al-Anbiya ayat 69 yang artinya:

“Kami (Allah) berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *