Finance

Buat Pemula, Simak 4 Tips Trading Crypto Biar Makin Cuan

bismillahirrahmanirrahim,

Semakin hari, trading crypto semakin diminati banyak orang. Gak heran sih, karena  keuntungan dari trading ini memang cukup menggiurkan. Aku termasuk yang mulai penasaran dengan trading crypto ini. Beberapa waktu lalu aku sempat memberikan rekomendasikan coin crypto untuk investasi, tapi sebenarnya bagaimana sih cara trading crypto bagi pemula? Biar bagaimana pun, untuk pemula seperti aku atau ada rasa khawatir untuk memulai berinvestasi di coin crypto.

Bukan soal cara untuk membelinya ya. Kalau ini sih aku sedikit banyak sudah mulai ada gambaran. Dimulai dengan membuat akun exchange crypto yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) seperti Indodax, melengkapi data diri, memilih aset crypto yang potensial untuk dibeli, melakukan deposit, dan mulai treding. 

Sekilas sepertinya gampang ya? Tapi aku yakin kalau aku gak sendiri yang masih maju  mundur untuk memulai trading crypto. Apakah ada tips trading crypto untuk pemula seperti aku?

Tanpa mau menyerah dan melawan rasa khawatir, aku pun mulai bergerilya mencari tips trading crypto untuk pemula. Nah, buat kalian yang juga membutuhkan tips trading crypto, baca terus tulisan ini sampai selesai ya.

4 Tips Trading Crypto Bagi Pemula

Trading crypto merupakan kegiatan jual beli aset crypto dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Makanya, sebelum memulai trading crypto, penting sekali mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang cara kerjanya. Karenanya, untuk kalian yang pemula seperti aku, simak 4 tips trading crypto berikut ini.

1. Pahami segala risiko

Meski keuntungan dari trading crypto ini menggiurkan, tapi risiko kemungkinan rugi juga ada. Sebagai pemula, menurut aku harus bisa memahami segala risiko yang ada untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Salah satunya dengan memulai dengan jumlah kecil  terlebih dahulu dan bertahap.

Jangan terlalu terburu-buru menghabiskan semua tabungan yang kamu miliki untuk membeli aset crypto. Jika kamu mengalami kekalahan yang cukup panjang, istirahat sejenak dan pelajari apa yang mungkin menyebabkan kekalahan ini terjadi. Jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan apa pun. 

2. Cek latar belakang aset

Luangkan waktumu untuk  melakukan pengecekan latar belakang aset sebelum mulai menyuntikkan uang ke aset crypto. Melakukan pemeriksaan seperti ini akan membantu mengurangi kerugian kemungkinan adanya penipuan atau karena aset berkinerja buruk. 

Selain itu, ketika mengalami aset yang dalam tahap harga sangat tinggi, ada baiknya kamu mencari tahu apa yang membuat harga aset tiba-tiba mengalami harga yang meningkat pesat. Jangan langsung tergoda untuk membeli aset crypto. 

Kita juga harus belajar untuk memahami prinsip buy low dan sell high. Jangan asal membeli crypto coin hanya karena harga sedang turun. Ada kalanya hal ini terjadi karena kondisi pasar. Sebaiknya beli dengan nominal kecil terlebih dahulu, baru tingkatkan secara bertahap ketika profit sudah meningkat. 

3. Gunakan fitur otomatis

Buat pemula seperti aku, terus terang masih merasa kesulitan saat membaca pergerakan pasar. Mungkin kamu pun akan mengalami hal ini. Gunakan fitur otomatis untuk membantu mengotomatiskan pembelian crypto. 

Selain menggunakan fitur otomatis, bisa juga menggunakan pancakeswap. Pancakeswap merupakan salah satu decentralized exchange (DEX) yang bisa digunakan untuk memperdagangkan cryptocurrency (mata uang digital). Fungsi utamanya untuk memudahkan pengguna menukarkan token yang dimiliki atau membeli token baru untuk disimpan sebagai aset.

ย 4. Gunakan platform trading yang terpercaya

Tips trading yang gak kalah penting nih, selalu pastikan untuk bertransaksi menggunakan platform trading yang terpercaya. Seperti Indodax yang sudah diawasi oleh BAPPEPTI dan KOMINFO. Berbekal informasi seperti itu, pastinya kekhawatiran untuk memulai trading crypto jadi berkurang bukan?

Apalagi Indodax juga  memberikan berbagai fitur unggulan yang memudahkan penggunanya mulai dari biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%, transaksi 24 jam, dan bisa terjamin keamananya berkat adanya perlindungan Autentikasi Multi-faktor dengan cara kombinasi verifikasi via email dan SMS melalui Google Authenticator.

Indodax juga memiliki kanal edukasi agar kita bisa terus belajar yang  bernama Indodax Academy. Buang jauh-jauh rasa khawatir, belajar perlahan-lahan seputar bagaimana cara mining bitcoin dan aset kripto lainya. Setelah paham, kamu bisa mulai melakukan pembelian dan penjualan di Indodax melalui Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange, mobile Apps Indodax.

Jangan lupa pantau asetmu secara berkala ya!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *