5 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan

88 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

mendapatkan pekerjaan

Banyak orang merasa susah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak walau sebetulnya ada banyak lowongan kerja yang sedang dibuka.

Jika sudah begini harus ada perubahan yang dilakukan agar situasinya juga berubah.

Beberapa hal di bawah ini bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dalam waktu yang singkat.

Cari pekerjaan di situs-situs loker

mendapatkan pekerjaan

Pelamar kerja biasanya mencari referensi lowongan kerja sebanyak-banyaknya mau itu secara offline atau online. Namun ada cara terbaik yaitu mengoptimalkan pencarian yang ada di situs-situs lowongan kerja.

Misalnya di TopKarir sebagai situs pencari kerja yang mudah, pelamar bisa mencari pekerjaan dengan menentukan lokasi kerja yang diinginkan. Saat mencari ini, pastikan untuk tidak menyetel kisaran gaji yang diinginkan agar pilihannya semakin banyak.

Jika memang memiliki riwayat kerja yang sebelumnya dengan kisaran gaji minimal yang diinginkan, baru bisa memasang filter tersebut.

Bisa juga dengan mencari bidang lain yang tidak terpaut jauh dengan bidang yang kamu kuasai. Cara ini juga bisa membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih tinggi.

Lengkapi dengan dokumen beserta soft skill yang dimiliki

Perusahaan lebih menyukai pelamar dengan dokumen yang lengkap. Dari riwayat bekerja sebelumnya, kemampuan tambahan, CV, sertifikat-sertifikat pendukung, atau riwayat magang (jika punya).

Jika memiliki dokumen tersebut sebaiknya segera melengkapinya agar bisa menambah bobot penilaian perusahaan yang ingin dilamar.

Soft skill merupakan kemampuan lain yang dimiliki oleh pelamar. Jika kamu memiliki soft skill, maka bisa melampirkannya dalam bentuk portofolio atau sertifikat-sertifikat.

Biasanya ketika membuka lowongan kerja, perusahaan akan menyertakan soft skill tertentu yang lebih diminati oleh mereka.

Apabila pelamar memiliki soft skill yang sama, maka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Bikin CV yang menarik

Kreasi pada CV juga bisa membuat HR Recruiter benar-benar membaca setiap detail di CV pelamar. Hal ini yang menjadi alasan untuk mendesain CV agar terlihat lebih menarik.

Sekarang ini, ada banyak aplikasi atau website yang menyediakan jasa desain CV secara gratis. Tentunya hanya perlu sedikit usaha agar CV kamu bisa tampil lebih menawan.

Tampilkan setiap skill atau keahlian yang kamu miliki di dalam CV tersebut, termasuk juga riwayat pekerjaan, soft skill, sampai portofolio untuk menambah penilaian.

Usahakan untuk tidak membuat CV yang berantakan dengan konten yang tidak tertata, terlebih lagi jika gambar yang digunakan sangat mengganggu. Hal ini akan membuat kesan yang buruk pada CV yang kamu buat.

Terus melatih kemampuan

mendapatkan pekerjaan

Melatih kemampuan baik kemampuan utama sampai soft skill perlu dilakukan agar dapat menguasai banyak bidang sesuai minat.

Ada banyak pekerjaan yang tidak membutuhkan ijazah atau jenjang pendidikan, hanya perlu bukti skill yang dimiliki saja.

Dalam dunia lowongan kerja, ada banyak kompetisi dengan pelamar kerja lain yang bisa jadi memiliki skill yang jauh lebih hebat dibandingkan skillmu saat ini.

Maka dari itulah perlu mengasah kemampuan dan skill agar lebih maksimal. Kamu juga bisa menambah skill lain yang sesuai dengan hobi atau minat untuk membuka lowongan pekerjaan lainnya.

Kembangkan skill berkomunikasi

Banyak informasi dari HR Recruiter yang mengungkapkan bahwa mereka lebih menyukai orang-orang terampil dengan skill komunikasi yang mumpuni juga.

Ada banyak pelamar yang ahli dibidangnya namun tidak memiliki skill komunikasi yang baik, hasilnya mereka tidak terlalu disukai.

Skill berkomunikasi ini diperlukan saat tes wawancara setelah dokumenmu diverifikasi atau lolos ke tahap selanjutnya.

Skill komunikasi bisa dibilang seni untuk menjual yang artinya kamu bisa menjual skillmu untuk bernegosiasi dengan HR Recruiter.

Negosiasi ini tidak hanya untuk mendapatkan pekerjaan saja, namun juga untuk mendapatkan gaji yang diinginkan.

Jika kamu merasa masih susah mencari pekerjaan, kamu bisa mengevaluasi apa saja yang kurang saat melamar pekerjaan.

Entah itu kurangnya skill, pengalaman kerja, atau kurang percaya diri saat masuk ke tes tahap selanjutnya. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

x.o.x.o

travel galau

One thought on “5 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan

  1. Makasih banget untuk tipsnya tentang melamar pekerjaan. Recomended nih. Jadi bisa aku share ke anakku kalo tetiba dia setelah lulus SMK dan malah milih bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *