Galau

Traveling Seru Sambil Puasa? Bisa Banget! Ini Tips Jaga Kesehatanmu

Bismillahirrahmanirrahim,

Hai kamu yang suka jalan-jalan dan juga nggak mau ketinggalan ibadah puasa di bulan Ramadan! Sudah siap menyambut bulan Ramadan tahun ini? Bulan penuh berkah ini emang beda banget ya vibesnya. Nah, gimana nih kalau kamu berniat traveling di bulan Ramadan? Seru banget kan, bisa ngabuburit di tempat baru dan buka puasa dengan kuliner khas daerah setempat?

Tapi, traveling sambil puasa emang butuh persiapan ekstra lho. Puasa sambil traveling memang bisa jadi tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai niat refreshing malah jadi bikin badan drop, ibadah juga nggak dapat. Nah, biar kamu tetap sehat dan bisa menikmati perjalananmu, di sini aku punya beberapa tips yang mungkin bisa membantumu tetap sehat dan bugar selama berpuasa di perjalanan. Yuk simak tips-tips berikut ini:

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan Sambil Traveling

1. Pilih Makanan yang Bergizi saat Berbuka

Saat berbuka puasa, jangan tergoda untuk langsung menyantap makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Sebaiknya, pilih makanan yang bergizi dan mudah dicerna seperti buah-buahan, sayuran, dan protein nabati atau hewani yang rendah lemak. Ini akan membantu tubuhmu mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas selama berpuasa, termasuk saat sedang traveling.

2. Hindari Makanan yang Berlemak dan Berat saat Sahur

Saat sahur, hindari makanan yang berlemak dan berat yang bisa membuat perutmu terasa kembung dan tidak nyaman selama berpuasa. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah, yang akan memberikan energi bertahan lebih lama selama puasa.

3. Tetap Aktif Meskipun Sedang Berpergian

Meskipun sedang berpergian, tetaplah aktif secara fisik. Lakukanlah sedikit olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan di tempat penginapanmu. Ini akan membantu menjaga kebugaran tubuhmu selama bulan Ramadan. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup juga ya, supaya energimu tetap terjaga sepanjang hari.

4. Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Selalu jaga kebersihan tubuhmu dan lingkungan sekitarmu, terutama saat sedang berpergian. Selalu bawa tisu basah atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas di tempat umum. Hindari juga makanan atau minuman yang diragukan kebersihannya, agar terhindar dari masalah pencernaan yang bisa mengganggu selama berpuasa.

5. Istirahat yang Cukup di Malam Hari

Meskipun mungkin tergoda untuk begadang atau beraktivitas hingga larut malam saat sedang berpergian, tetap prioritaskan istirahat yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup akan membantu tubuhmu pulih dan siap menghadapi hari esok dengan segar dan bugar.

6. Dengarkan Tubuhmu dan Tetaplah Fleksibel

Yang terakhir tapi nggak kalah penting, dengarkanlah tubuhmu dan tetaplah fleksibel dalam menjalani puasa sambil traveling. Jika kamu merasa lelah atau tidak nyaman, nggak ada salahnya untuk istirahat sejenak atau mengurangi intensitas aktivitasmu. Yang penting, jangan sampai puasamu mengganggu kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Persiapan Fisik dan Mentalย 

  • Pastikan kamu dalam kondisi sehat sebelum berangkat. Konsultasi ke dokter dulu ya, terutama kalo kamu punya riwayat penyakit tertentu.
  • Atur pola tidur yang baik. Jangan begadang, karena tubuhmu butuh istirahat lebih untuk berpuasa.
  • Siapkan mentalmu. Puasa di tempat baru dengan rutinitas yang berbeda mungkin akan terasa lebih challenging.

Tips Saat Berpergian:

  • Pilih waktu traveling yang tepat. Hindari traveling di saat cuaca terlalu panas atau saat kamu harus menempuh perjalanan panjang.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar.
  • Minum air putih yang cukup, terutama saat sahur dan berbuka.
  • Makan makanan yang bergizi dan seimbang. Hindari makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau manis.
  • Istirahatlah yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas jika kamu merasa lelah.
  • Tetap berolahraga, tapi pilihlah olahraga yang ringan.
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi.

Tips Saat Mencari Makanan:

  • Carilah restoran yang menyediakan menu buka puasa.
  • Jika kamu kesulitan mencari makanan halal, tanyalah kepada penduduk setempat.
  • Bawa bekal makanan ringan untuk berjaga-jaga.
  • Hindari makanan yang mengandung MSG tinggi.

Tips Saat Beribadah:

  • Cari tahu lokasi masjid atau mushola terdekat.
  • Bawa perlengkapan sholat sendiri.
  • Manfaatkan waktu luang untuk membaca Al-Quran.

Tips Tambahan:

  • Gunakan aplikasi travel untuk membantu perjalananmu.
  • Belajarlah beberapa frasa bahasa setempat.
  • Jaga barang bawaanmu dengan baik.
  • Tetap waspada dan berhati-hati di tempat baru.

Traveling sambil puasa bukan hal yang mustahil. Dengan persiapan yang matang dan tips-tips di atas, kamu tetap bisa menikmati perjalananmu dengan aman dan nyaman. Selamat berpuasa dan traveling!

Puasa sambil traveling memang bisa menjadi pengalaman yang unik dan menarik, tapi ingatlah untuk tetap menjaga kesehatan tubuhmu di atas segalanya. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan, bahkan saat sedang berada di perjalanan. Selamat menjalani ibadah puasa dan selamat berpetualang!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

(1) Comment

  1. Aku tuh sebenarnya pengen rasain traveling pas puasa tapi saat winter mba. Belum pernah. Sekarang ini waktu yg pas harusnya. Tapi tuh lah, kadang mikir juga, traveling waktu puasa ga enaknya ga puas wiskul ๐Ÿ˜‚. Makanya sampe skr nunda2. Pengen cuma kok belum siap ๐Ÿ˜„. Palingan traveling bertepatan puasa waktu mudik ke solo atau medan.

    Tapi memang tantangan nya pasti lbh gede kalo traveling saat puasa supaya tetep fit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *