5 Makanan Khas Jawa Timur Yang Lezat Dan Kaya Rempah – Rempah

79 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Bagi kamu yang gemar berwisata kuliner, Jawa Timur bisa menjadi surga bagi mereka untuk berwisata kuliner yang memang memiliki varian makanan yang cukup kaya. Makanan khas Jawa Timur memiliki cita rasa gurih, asin, agak pedas, serta kaya rempah – rempah. 

Soto Lamongan adalah salah satu makanan Khas Jawa Timur yang kerap dijumpai di berbagai daerah. Selain soto Lamongan, masih ada kuliner lain dari ujung timur pulau Jawa ini yang memiliki cita rasa lezat dan kaya rempah – rempah. Apa saja itu?

Berikut 5 makanan khas Jawa Timur yang lezat dan kaya rempah – rempah :

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik Jawa Timur. Ciri kuliner ini adalah nasi putih pulen disajikan diatas daun pisang kemudian diberi lauk. Adapun lauknya bisa berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis, dan serundeng. Ada juga yang melengkapi nasi krawu dengan menambahkan sambal terasi yang memiliki rasa pedas khas. Nasi Krawu wajib dicoba oleh kamu pecinta makanan pedas saat berkunjung ke Gresik. 

2. Sego Tempong

Sego tempong atau nasi tempong adalah makanan khas Banyuwangi Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa Osing, arti tempong adalah tampar. Diberikan nama tempong pada kuliner ini karena rasa pedas dari sambalnya seperti ditampar. 

Nasi tempong ini terdiri dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, kemudian dilengkapi dengan lauk dan sambal. Terdapat beberapa jenis sambal yang diolah untuk melengkapi nasi ini yaitu sambak kacang beraroma kencur yang kuat dan sambal terasi pedas. Sementara lauk yang digunakannya juga beragam seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, ikan jambal, dan lain sebagainya. 

Ciri khas makanan Jawa Timur ini adalah aroma kencurnya yang sangat terasa dari sambalnya. Namun, ada juga yang memilih sambal terasi yang juga sangat pedas rasanya. 

3. Rujak Soto

Rujak soto adalah kuliner khas Banyuwangi Jawa Timur yang merupakan perpaduan dari rujak dan soto kuning. Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dipadukan dengan kuah soto kuning gurih tentu akan menghasilkan kombinasi rasa yang unik dan enak. 

Sebenarnya perpaduan makanan yang seperti ini cukup lazim di Jawa Timur. Tidak hanya rujak soto, kamu pun bisa temukan rujak bakso di kawasan Madura. Bedanya, rujak bakso tersebut menggunakan petis Madura yang cenderung asin rasanya.

4. Lontong Kupang

Rekomendasi makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah lontong kupang. Jangan terkecoh dengan namanya karena kuliner ini bukan berasal dari Kupang, melainkan makanan khas Sidoarjo. Diambilnya nama ‘kupang’ tersebut sebenarnya merujuk kepada hewan laut sejenis kerang kecil seukuran beras atau biji kedelai. Digunakannya kupang putih, kemudian dimasak dengan beragam bumbu yang tentunya menggugah selera. Selain enak, kuliner ini dipercaya bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Sebab, kupang yang digunakannya memiliki sumber asam amino esensial yang baik. 

5. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay menjadi kuliner khas yang wajib kamu nikmati saat mampir ke Bangkalan, Madura. Makanan ini berbeda dengan olahan bebek lainnya. Bebek Sinjay memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak bau amis. Rasa bebek ini akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi putih panas beserta sambal mangga atau biasa disebut sambal pencit yang menjadi pendamping dari Bebek Sinjay. Selain khas, kuliner yang satu ini juga fenomenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.