Mudah, Begini Cara Merawat Pisau Dapur Agar Tetap Tajam

82 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Pisau menjadi salah satu alat dapur yang penting bagi para ibu rumah tangga ataupun juru masak karena pisau dapat berguna untuk memotong berbagai bahan masakan, sehingga kondisi pisau harus tetap tajam agar mudah digunakan. Pisau dapur sudah menjadi sebuah benda wajib yang digunakan setiap hari dalam proses memasak, sehingga tidak heran apabila benda tersebut sangat diperhatikan kondisi ketajamannya. Jika pisau dapur dalam kondisi yang tajam maka dapat proses memotong bahan dapat dilakukan dengan mudah.

Penggunaan pisau dapur untuk memotong berbagai jenis bahan masakan sering kali membuat ketajaman dari benda dapur tersebut menjadi semakin berkurang karena sering nya berbenturan dengan benda yang mungkin sedikit lebih keras. Sehingga diperlukan suatu cara untuk merawat agar pisau dapur tersebut tetap dalam kondisi yang tajam. Karena belakangan aku jadi hobi masak, jadi aku mau share beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat agar pisau dapur kamu tetap tajam. Chek this out!

pisau dapur yang tumpul, enggak nyaman untuk digunaka, simak tips berikut ini ya.

1. Rajin Mencuci Pisau Setelah Digunakan

Setelah digunakan untuk memotong berbagai bahan masakan, pisau dapur harus di cuci dengan bersih agar tidak menimbulkan noda – noda yang dapat memicu timbulnya karat pada pisau tersebut jika di biarkan kotor terlalu lama. Pencucian dapat di lakukan dengan sabun dan dibilas dengan menggunakan air mengalir. Setelah dicuci, pisau dapur tersebut harus dikeringkan dengan menggunakan kain atau lap sebelum di simpan pada tempatnya, tujuannya adalah untuk menghindari terjadi nya pisau berkarat.

2.Β Lakukan Pengasahan Pisau Secara Berkala

Pengasahan pisau sebaik nya di lakukan secara berkala agar pisau selalu tajam. Pengasahan dapat di lakukan dengan mudah yakni dengan menggunakan batu ungkal atau pun dengan menggesekkan bagian antara pisau yang satu dengan pisau yang lain nya. Pengasahan pisau harus di lakukan dengan posisi yang tepat agar hasil nya bisa tajam dengan optimal.

3. Hindari Memotong Benda yang Keras

Beberapa benda keras sering kali membuat pisau dapur terbaik milik kamu menjadi lebih tumpul setelah digunakan. Benda keras jika dibentur kan dengan pisau dapat membuat kondisi pisau menjadi lebih tumpul dan tidak tajam lagi saat digunakan untuk memotong. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk menghindari benturan mata pisau dengan benda lain yang terlalukeras untuk mencegah agar pisau dapur tidak mudah tumpul.

4. Gunakan Alas Pemotong yang Sesuai

jagnan lupa untuk menggunakan alas potong yang sesuai agar pisau dapur kamu tidak cepat tumpul

Alas pemotong yang baik digunakan untuk mencegah agar pisau dapur tidak mudah tumpul adalah dengan menggunakan alas pemotong yang berbahan plastik atau pun kayu. Alas tersebut dapat di gunakan dengan baik karena tekstur bahan nya yang tidak terlalu kerassehingga dapat membuat pisau dapur kamu tetap tajam.

5. Olesi Pisau dengan Minyak Dapur agar Tidak Berkarat

Berikan sedikt minyak dapur atau dengan takaran beberapa tetes saja kemudian ratakan pada setiap bagian mata pisau. Tujuan dari pengolesan minyak dapur tersebut adalah agar kondisi pisau menjadi lebih awet dan tidak mudah berkarat. Minyak merupakan pelumas terbaik untuk mencegah perkaratan pada benda berbahan besi atau pun yang sejenisnya.

Kesimpulan

Beberapa cara di atas dapat kamu terapkan dengan baik untuk menjaga agar kondisi pisau dapur kamu tetap dalam kondisi yang tajam dan tidak mudah tumpul. Cara yang paling penting untuk di lakukan adalah dengan rajin mencuci nya setelah di gunakan, melakukan pengasahan secara berkala, menghindari pemotongan pada benda yang keras, menggunakan alas untuk memotong yang sesuai dan pelumuran sedikit minyak dapur agar pisau tidak mudah berkarat.

Beberapa langkah tersebut telah terbukti dapat membuat pisau dapur kamu menjadi tetap tajam dan tidak mudah tumpul. Terkait poin nomor dua, sangat penting bila kamu memiliki alat pengasah pisau di rumah. Kamu bisa mengecek pilihan alat pengasah pisau yang telah direkomendasikan Pickybest.id di situsnya.

x.o.x.o

travel galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *