Ada Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah Nih! Ayo Ikutan, Sambil Nikmati Manfaat Menulis Blog

86 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdullillah, tahun ini TravelGalau memasuki usia ke-3 tahun. Sampai sekarang rasanya masih amazed sendiri gue masih bisa eksis di blog selama ini. WOW. Menulis memang sudah menjadi kebiasaan gue sejak masih berseragam merah putih. Rasanya, gue bisa mengingat kapan gue tanpa sebuah diary untuk menulis. Sampai saat ini sih.

Banyak banget manfaat dari menulis yang gue rasakan, termasuk untuk kesehatan mental gue. Gue bisa sampai gloomy lho cuma karena enggak menulis dalam jangka waktu beberapa hari. Menulis itu jadi kebutuhan tersendiri buat gue.

Pasti pada tahu dong, kalau blog ini bukanlah blog pertama gue. Blog pertama gue bahkan sudah berusia 6 tahun. Kalau ditanya apa sih manfaat menulis blog sampai gue betah banget? Sini gue bisikin manfaat menulis blog yang bikin gue ketagihan. Jangan skip baca tulisan ini sampai akhir ya!

manfaat menulis blog

6 Manfaat Menulis Blog Sampai Bisa Ketagihan

1. Tempat berbagi cerita dan kisah

Awal gue serius ngeblog karena gue ingin menuliskan kisah-kisah perjalanan gue sambil pamer foto-foto kece tentunya. Sharing is caring bukan? Bukan sekadar menceritakan kisah gue, tapi gue bisa merekomendasikan penginapan mana yang kira-kira instagramable, atau lokasi wisata mana sih yang sebaiknya dikunjungi saat elo lagi berada di suatu tempat.

Seperti yang sebelumnya gue bilang, menulis itu salah satu kegiatan untuk menyehatkan kesehatan mental gue. Salah satu manfaat menulis blog buat gue adalah, gue merasa lebih bebas mengekspresikan apa yang gue rasa. Bukan cuma itu, menulis juga baik untuk mengasah daya ingat lho. Apalagi gue tipe yang gampang lupaan.

2. Memperluas pertemanan

Selama ini, hobi menulis gue selalu dianggap aneh sama keluarga besar dan teman-teman dekat gue. Tapi semenjak gue punya blog dan bergabung dengan berbagai komunitas bloger teman-teman gue rasanya semakin banyak dan luas. Rasanya gue jadi punya teman-teman hampir di seluruh Indonesia. Asik banget. Tak jarang, beberapa dari mereka jadi teman perjalanan gue. Dan mereka mengerti banget kesukaan gue soal menulis. Hobi gue ini bukanlah hal yang aneh bagi mereka.

3. Belajar terus

Salah satu manfaat menulis blog yang enggak pernah gue bayangkan sebelumnya adalah, gue jadi terus belajar. Ada banyak hal yang harus diterus dipelajari sambil terus menulis. Seperti kemampuan SEO agar tulisan-tulisan yang sudah elo tulis bisa nangkring di mesin pencarian di halaman-halaman awal, peringkat blog seperti DA, PA, DR biar blog elo semakin kece, sampai soal kesehatan blog elo.

Menulis blog enggak cukup sebatas menulis. Karena pastinya kan kita ingin blog ini banyak yang baca dong. Tapi jalani saja pelan-pelan, satu-satu. Enggak sulit kok, yang penting adalah terus mau belajar.

4. Mengasah kemampuan menulis

Dari dulu gue pengen banget jadi penulis. Tapi gue enggak pernah percaya diri dengan kemampuan menulis gue. Dengan rajin menulis blog, pelan-pelan gue merasa kemampuan menulis gue terus berkembang sih. Karena ini blog gue, gue lebih bebas mengekspresikan diri gue, tapi artinya gue harus merangkap sebagai editor.

5. Mendapat penghasilan

Gue ke Karimunjawa ini gara-gara menang lomba blog lho

Ini sih manfaat menulis blog yang paling bikin gue bahagia. Gue jadi punya penghasilan sendiri semenjak punya blog. Bahkan gue bisa traveling dari hasil blog.

Banyak orang mungkin mendapat penghasilan blog dari Google Adsense-nya, gue entah kenapa masih belum tertarik untuk memasang Google Adsense. Gue masih lebih betah dan nyaman mencari penghasilan dari blog dengan tulisan-tulisan gue. Salah satu yang gue suka adalah mengikuti lomba blog. Beberpa kali gue berhasil memenangkan lomba blog, alhamdulillah jadi tambahan uang buat jajan buat checkout.

Ayo Ikutan Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah

Sudah pada kebayang kan apa aja manfaat menulis blog sampai bikin gue nyaman untuk terus nulis blog. Jujur, gue sih paling enggak tahan sama manfaat menulis blog nomor 5. Makanya gue paling garcep soal mencari info job untuk blog dan lomba blog. Kaya lomba blog ini nih! Wajib banget buat diikuti.

Guys, sudah pada tahu blom sih kalau ada kontes blog Shopee dengan #NgeBlogDariRumah? Temanya gampang banget bukan? Gue yakin teman-teman bloger pasti pada terampil nulis tema ini. Kontes blog Shopee ini terdiri dari dua babak, yaitu:

1. Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021

2. Babak penulisan: 10 – 24 September 2021

Pemenang akan diumumkan pada 4 Oktober 2021 melalui artikel di Inspirasi Shopee.

Yuk, segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran berakhir! Kalau kamu lolos ke babak penulisan, Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah sebagai

berikut: 

  • Juara 1: Rp8.000.000 
  • Juara 2: Rp6.000.000 
  • Juara 3: Rp3.500.000

Tidak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah untuk peserta dengan

kategori:

  • Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp2.500.000
  • 200 submission pertama: ShopeePay @50.000 

Tertarik? Gue aja tertarik banget buat ikutan. Ayo, isi  formulir pendaftarannya dulu! Cek informasi selengkapnya di sini! Good luck buat kita semua ya.

x.o.x.o

travel galau

15 thoughts on “Ada Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah Nih! Ayo Ikutan, Sambil Nikmati Manfaat Menulis Blog

  1. Wah menarik ini ada kontes
    Oh ya kalau saya tujuan ngeblog semua kecuali poin yang kelima. Karena sampai saat ini belum terpikir sekali untuk mendapat penghasilan. Apalagi tradisi masyarakat disini, sangat jarang untuk minta review produk dari para blogger. Mereka lebih memilih selebgram saja.
    Hehehe… Karena budaya literasi dari tulisan itu masih sangat minim.

  2. saya dulu awal ngeblog niatnya untuk berbagi informasi sekaligus jadi semacam pengingat gitu mba.. misalnya cara setup vps, nah karena udah ditulis di blog tinggal cari artikel yang kita tulis sendiri gt hehehe.. klo untuk penghasilan aku anggap bonus aja.. soalnya kerjaan offline lebih padat dan update artikel juga cm berkala… kala senggang, kala mau hahaha…
    semoga mba dian menang lomba nih…

  3. aku tuh jarang mampir ke blog mbak dian, tapi selalu nyaman aja bertamu kesini. kali ini aku jadi ingat masa2 aku pun suka menulis diary sejak SD. thanks to ibuku yg dulu memfasilitasi aku nulis diary sampe akhirnya jadi diary digital

  4. Menarik sekaliiii.. Semoga bisa ikutan.. Mayan kan dapat spay 50K buat 200 pendaftar pertama.. Dengan manfaat blog yang segunung-gunung kan jadi makin semangat kalau menghasilkan cuan.

  5. Beberapa poin teratas kita Ama mba, kenapa menulis blog. Cuma yg utk cari duit aku memang ga mau :D. Biarlah dari sumber yg lain, Krn buatku blog hanya utk menulis apapun yg aku rasain secara jujur apa adanya, termasuk minus2 yg aku temuin :D.

    Tapi tetep alasan utama kenapa aku nulis, sbnrnya Krn aku pelupa sih. Makanya dipikir, sayang aja kalo tempat2 yg udah aku datangin ini, terlupa begitu aja. Mendingan saat masih seger di pikiran, aku pindahin deh ke blog :D. Berguna buat orang2, tapi juga buatku kalo suatu saat butuh informasi lagi ttg tempat itu πŸ™‚

  6. Kudu ikutan niih…#NgeBlogDariRumah yang jago bikin konten cantik.
    Ternyata pasang ads ini plus minus yaa, teh..
    Asiknya bisa dapet penghasilan dari ads, gak asiknya, mungkin aja pembaca lari karena merasa gak nyaman dengan pop up ads yang bikin jantungan. Hehhee..

  7. Lomba blog yang menarik nih. Dulu daftar lomba Shopee dan lupa, kayaknya perlu ditebus dengan jadi pemenang. Hihihi
    Kepedean banget ga sih.
    Pede aja deh. Hadiahnya bikin mata ngantuk langsung melek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *