Tips Traveling

6 Tips Menulis Travel Blog ala Travel Galau: Membagikan Rasa Galau dalam Perjalanan dan Membagikan Pengalaman yang Menginspirasi

tips menulis travel blog

bismillahirrahmanirrahim,

Siapa nih yang suka jalan-jalan dan suka menulis? Kalau kamu suka keduanya, gimana kalau kamu jadi travel blogger aja? 

Menjadi travel blogger itu seru lho! Kamu bisa mengeksplorasi berbagai tempat baru, mencicipi makanan dari berbagai budaya, dan tentunya, menulis tentang semua pengalamanmu itu. Selain itu, kamu juga bisa berbagi tips dan trik, rekomendasi tempat-tempat menarik, dan pengalaman unikmu kepada pembaca. 

Throwing back awal-awal aku memulai blog TLD pertama aku, dianravi.com. Dari awal aku punya niat beli domain memang ingin menulis blog yang isinya seputar traveling atau paling gak review cafe-cafe instagramable. Tapi pada akhirnya blog itu lebih banyak diisikan tulisan-tulisan lifestyle yang campur aduk. Sampai pada satu malam usai kelas SEO, Kak Febriyan Lukito mengusulkan personal branding baru untuk aku. โ€œKamu tuh cocoknya jadi Travel Galau lho, kak,โ€ ujarnya. โ€œKamu tuh apa-apa past digalauin dulu soalnya. Mau pergi liburan aja pakai drama galau dulu.โ€ Dan begitulah awal kisah kelahiran Travel Galau, si tukang main yang harus galau dulu. Maklum, prinsip aku: ribuan langkah dimulai dari kegalauan pertama

Mengarungi Dunia dengan Kata-kata: Tips Menulis Travel Blog ala Travel Galau

tips menulis travel blog

Nah, kalau kamu adalah pecinta petualangan yang juga punya bakat dalam meracik kata-kata, maka dunia travel blogging bisa menjadi tempat yang sempurna untukmu mengekspresikan pengalaman-pengalaman serumu. Namun, menulis travel blog bukan hanya sekadar mencatat perjalananmu, tapi juga tentang bagaimana kamu bisa mengajak pembaca merasakan serunya momen-momen yang kamu alami. 

Kalau kamu merasa bingung, berikut adalah beberapa tips untuk menulis travel blog yang memikat!

1. Jadilah pengamat yang cermat

tips menulis travel blog

Ketika menulis tentang destinasi yang kamu kunjungi, jangan hanya fokus pada fakta-fakta. Ceritakan bagaimana udara hangat menyapa wajahmu di pagi hari, atau bagaimana aroma rempah-rempah bercampur dengan udara segar di pasar lokal. Bangunlah suasana yang membuat pembaca merasa seolah-olah mereka ikut berada di sana bersamamu.

Perhatikan detail-detail kecil yang membuat suatu tempat unik. Mungkin itu adalah senyum hangat seorang penduduk lokal atau goresan-goresan warna-warni di dinding kota tua. Ceritakan pengalamanmu dengan detail yang memikat, sehingga pembaca bisa membayangkan dengan jelas apa yang kamu lihat dan rasakan.

2. Gunakan bahasa yang menyenangkan

Travel blogmu adalah cerminan dari kepribadianmu sendiri, jadi jangan ragu untuk menambahkan sentuhan humor atau keunikan dalam gaya penulisanmu. Jadilah seperti sedang bercerita kepada seorang teman yang akrab, sehingga pembaca merasa diajak berinteraksi langsung denganmu.

3. Berbagi tips dan trik

Selain bercerita tentang pengalaman pribadi, jangan lupa untuk memberikan tips dan trik kepada pembaca. Mungkin itu adalah cara terbaik untuk menikmati street food lokal tanpa takut perut kembung, atau tempat-tempat tersembunyi yang hanya diketahui oleh penduduk setempat. Berbagi pengetahuanmu akan membuat travel blogmu menjadi lebih berharga bagi pembaca.

4. Konsisten dalam menulis

tips menulis travel blog

Kunci utama dalam membangun audiens yang loyal adalah konsistensi. Tetaplah rutin dalam mempublikasikan konten-konten baru di blogmu. Buatlah jadwal atau target untuk menulis dan memperbarui blog secara teratur. Dengan konsistensi, pembaca akan lebih tertarik untuk terus mengikuti perjalananmu dan mengikuti perkembangan tulisan-tulisanmu.

5. Tambahkan foto-foto yang menarik 

Sebuah gambar bisa berbicara ribuan kata. Saat menulis travel blog, jangan lupa untuk menyertakan foto-foto yang menarik dan menggugah. Foto-foto ini akan membantu pembaca untuk lebih memahami dan merasakan pengalaman yang kamu bagikan. Pastikan foto-foto yang kamu pilih dapat memperkuat cerita yang kamu tulis. 

Baca juga: Tips Foto dengan Rusa di  Ranca Upas

6. Jadilah inspirasi

tips menulis travel blog

Akhiri setiap tulisanmu dengan pesan yang memotivasi pembaca untuk menjelajahi dunia dengan lebih berani dan terbuka. Jadikanlah travel blogmu sebagai sumber inspirasi bagi mereka yang ingin memulai petualangan mereka sendiri.

Nah,  itu dia beberapa tips sederhana  untuk menulis travel blog yang menggugah semangat. Ingatlah untuk selalu menulis dengan hati dan membagikan cerita-cerita yang penuh warna kepada pembaca. Aku sendiri masih terus berusaha untuk bisa menulis lebih baik lagi setiap harinya.  

Tentunya, menjadi travel blogger juga memerlukan komitmen dan kerja keras. Kamu harus bisa mengatur waktu, merencanakan perjalanan dengan baik, dan tentunya menulis konten yang menarik dan informatif. Tapi percaya deh, semua usaha itu akan terbayar dengan kepuasan saat kamu melihat pembaca menikmati tulisanmu dan mendapatkan inspirasi dari pengalamanmu. 

Semoga artikel ini bisa memberimu inspirasi dalam mengekspresikan pengalamanmu melalui dunia travel blogging. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai petualanganmu sebagai travel blogger! Selamat menulis dan selamat menjelajahi dunia! ๐ŸŒโœˆ๏ธ๐Ÿ“

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

(1) Comment

  1. Jadii gituu toh asal usul nama travel galau ini, ihihi. Aku juga seneng jalan plus seneng nulis, makanya jadi travel blogger juga nih, walaupun sudah bareng anak-anak jadinya travelingnya, ahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *