7 Tips Foto dengan Rusa di Ranca Upas yang Instagramable

88 / 100 SEO Score

bismillahirrahmanirrahim,

Orang Jakarta yang sering ke Bandung pasti punya foto sama rusa

unknow

Asli gue ngakak ketika membaca tweet seperti itu di timeline gue. Gue enggak ingat akunnya, mohon maaf. Tapi gue langsung mengerti dan paham banget yang dia maksudkan. Yup, apalagi kalau bukan foto bersama rusa di Ranca Upas, camping ground yang merupakan wisata Bandung Selatan. Dan bener, gue punya banyak foto sama rusa.

Foto sama rusa di Ranca Upas memang sudah masuk things to do di wisata Bandung Selatan. Sayangnya tidak semudah itu. Butuh tips foto dengan rusa di Ranca Upas biar hasilnya memuaskan.

foto Raisa yang bikin mupeng

I blame Raisa dan orang-orang yang sukses bikin foto instagramable bersama rusa-rusa di Ranca Upas yang bikin orang berbondong-bondong ingin bikin foto yang sama, termasuk gue. Asli, itu tuh kok mereka pada keren-keren banget hasil foto di wisata Bandung Selatan ini. Sementara gue 3 kali ke tempat ini, rasanya masih belum puas dengan hasil foto yang ada. Ini gue yang kelewat tinggi standar dalam menilai fotonya atau memang guenya yang enggak bisa berfoto? Sepertinya gue memang butuh tips foto dengan rusa.

Pertama kali gue berfoto bersama rusa-rusa itu ketika gue camping dadakan di Ranca Upas berdua Mas Metra. Siapa yang nyangka rasa takut menghadapi operasi ternyata bisa bikin gue impulsive minta piknik dulu. Kesalahan gue saat itu adalah enggak mempertimbangkan hujan yang membuat tanah becek. Foto-foto sama rusa hanya bisa dilakukan dari atas dek saja.

tips foto dengan rusa di ranca upas
berasa STD banget fotonya, gue mau tips foto dengan rusa biar makin kece

Kedua kalinya gue berkunjung ke tempat wisata Bandung Selatan ini bersama ibu dan bapak mertua. Mungkin jaim, mungkin memang gue enggak berbakat difoto bagus, atau mungkin juga karena gue hanya mengandalkan kamera hp Zoom S saja untuk berfoto (bukan pakai kamera mirrorless), intinya meski lumayan, tapi rasanya gue masih belum puas dengan hasilnya.

Belum puas dengan foto-foto bersama rusa di Ranca Upas, gue kembali lagi bersama sepupu dan keponakan gue. Kali ini ceritanya kami habis liburan bertiga di Glamping Legokondang. Puas sama fotonya? Lebih enggak puas lagi sebenenarnya ahahahaha…. Kebayang, dua cewek, harus saling foto sambil jaga anak, dan diselingi teriak-teriak ketakutan ketika akhirnya si rusa menghampiri kami.

Sepertinya gue masih merasa harus kembali mencoba untuk keempat kalinya. Siapa tahu angka 4 adalah angka keberuntungan gue. Tapi sebelum mencari waktu kapan bisa kembali berkunjung ke Ranca Upas, gue mau cari tahu tips foto dengan rusa di Ranca Upas. Biar gue pulang dari wisata Bandung ini dengan tersenyum puas bahagia melihat hasil foto-fotonya.

7 Tips Foto dengan Rusa di Ranca Upas Kamu Tampak Instagramble

Barangkali ada yang bernasib sama seperti gue, ingin kembali ke Ranca Upas selain demi memikmati pemandangan tapi juga karena ingin memperbaiki hasil-hasil foto yang lebih kece lagi, atau mungkin baru akan pertama kali berkunjung ke tempat wisata Bandung Selatan ini, berikut ini tips foto dengan rusa yang mungkin bisa diikuti.

1. Jangan salah musim

tips foto dengan rusa di ranca upas
musim hujan, becek, jadi harus sewa boot = kurang kece

Hindari berkunjung di musim hujan. Kondisi yang becek akan menyulitkan turun ke penagkaran rusa. Memang masih bisa sewa sepatu boot seharga Rp 20.000 sih, tapi rasanya masih kurang keren aja.

Selain musim hujan, yang harus dihindari adalah musim kawin rusa. Ini biasanya terjadi diantara bulan Agustus hingga Desember. Di musim kawin, rusa-rusa ini biasanya lebih agresif. Tak jarang mereka akan bertarung satu sama lain. Suasana hati rusa juga sukar ditebak, kadang jinak, kadang galak. Hmm… kok kaya kondisi saat gue lagi PMS jadinya ya.

2. Manjakan rusa dengan makanan

tips foto dengan rusa di ranca upas

Pose berfoto dengan rusa-rusa yang paling mudah dilakukan adalah sambil memberi makanan. Ini juga salah satu cara agar rusa mau mendekati kita: sodorkan makanan.

Selain memancing rusa agar mendekati kita, hasil foto yang diciptakan saat memberi makanan pada rusa di Ranca Upas akan terlihat natural. Selama elo enggak reflek ketakutan dan malah loncat menjauh. ahahahahaha….

Biar enggak kaget elo bisa menghampiri rusanya terlebih dahulu, tanpa perlu menunggu rusa-rusa itu menghampiri. Hampiri rusa dan langsung sodorkan makanan ke arah mukanya. Hap! Pastikan sudah ada yang standby untuk mengabadikan momen itu ya.

tips foto dengan rusa di ranca upas

Selain memberikan makanan langsung ke muka rusa, elo juga bisa menggunakan metode tarik ulur. Yups, metode yang biasa digunakan ke gebetan juga terbukti efektif buat bikin rusa mendekati elo. Biarkan rusa mendekat menghampiri makanan yang elo pegang.

Enggak usah bingung mencari makanan untuk rusa-rusa ini. Di pintu masuk menuju penangkaran rusa di disediakan sayuran berupa kangkung dan wortel seharaga Rp 10.000 per ikat. Biar enggak boros, elo bisa potong bagi dua bagian wortelnya, atau suapi rusa-rusa yang berada di wisata Bandung Selatan ini per batang.

3. Duduk bersama rusa

tips foto dengan rusa di ranca upas
salah satu tips foto dengan rusa, bisa foto duduk gini aja

Tips foto dengan rusa berikutnya adalah pose duduk bersama rusa. Foto bersama rusa enggak mesti selalu sedang berdiri, tapi elo bisa duduk bersama rusa. Caranya, cari rusa yang sedang duduk-duduk santai di atas rumput. Biasanya ini adalah rusa-rusa yang sudah kenyang. Hampiri, duduk berdekatan, keluarkan senyum bahagia. Elo juga bisa memegang kepala atau tubuhnya, tapi tetap waspada ya.

4. Bersama kawanan rusa

Pengen foto bersama lebih dari satu rusa biar telihat akrab dan sedang hangout bareng? Kenapa tidak? Tidak terlalu sulit kok. Hanya saja mungkin butuh kondisi dimana penangkaran Ranca Upas ini sedang tidak terlalu ramai.

Caranya gampang. Elo tinggal sebar makanan yang banyak di area sekitar kamu berada. Dijamin akan banyak rusa menghampiri. Gunakan momen ini untuk berpose yang asik bersama kawanan rusa.

5. Pastikan kamera standby

tips foto dengan rusa di ranca upas

Menangkap momen bersama rusa ini memang dibutuhkan kesiagaan, bukan sekedar dari rusa-rusa yang khawatir menyeruduk, tapi juga siaga dalam memotret. Jangan pelit untuk mengambil langsung beberapa frame foto sekaligus untuk mencari yang terbaik juga salah tips foto dengan rusa yang wajib dilakukan.

Sebelum berangkat, ada baiknya memastikan memori kamera masih banyak space kosong. Biasanya gue H-1 sebelum berangkat traveling ke manapun, membersihkan folder foto di smartphone dengan memindahkannya ke laptop. SD Card kamera juga jangan sampai lupa dibawa. Tidak ketinggalkan untuk selalu memastikan batre kamera dan smartphone. Pokoknya jangan sampai elo jadi BT cuma karena enggak puas berfoto akibat kehabisan baterai atau memory full.

6. Dibantu pawang Rusa

tips foto dengan rusa di ranca upas
ini dibantu suami sih, keliatan kan kalau gue takut

Ingin hasil foto yang maksimal? Kenapa enggak menggunakan bantuan jasa profesional saja? Enggak ada salahnya menggunakan jasa pawang rusa yang bekerja di Ranca Upas ini agar rusa-rusa jadi lebih menurut.

Gue juga belum pernah menggunakan jasa pawang rusa ini. Tapi sepertinya for next trip gue mau mencoba ah, biar hasil foto-fotonya bagus, puas, dan gue enggak merengek minta kembali lagi.

Soal biaya gue baru bisa menemukannya saat tahun 2018 lalu, yaitu sebesar Rp 150.000, dengan perincian Rp 100.000 untuk makanan rusa, dan Rp 50.000 untuk jasa pawang rusa. Maybe a little bit much bagi sebagian orang. Tapi kalau memang ada uangnya dan menginginkan foto yang instagramable seperti Raisa, enggak ada salahnya menggunakan jasa pawang rusa ini.

7. Relax, enjoy and have fun

tips foto dengan rusa di ranca upas

Tertawa lepas terkadang memjadi momen yang terbaik untuk diabadikan. So, just relax, enjoy, and have fun! Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman dan yang kece.

Yang gue rasa paling susah adalah untuk menahan ekspresi rasa takut ketika rusa-rusa di Ranca Upas ini mendekati gue. Mungkin ada baiknya agar tidak terburu-buru. Buat diri elo nyaman dulu berdekatan dengan mereka, sebelum mulai bergaya.

Be Happy at Ranca Upas, Wisata Bandung Selatan

tips foto dengan rusa di ranca upas

Itu tadi 7 tips foto dengan rusa yang bisa elo praktekin demi punya foto-foto instagramable di Ranca Upas. Pada dasarnya lokasi tempat wisata Bandung Selatan ini sudah menawarkan pemandangan yang memesona sih. Jadi elo enggak perlu terlalu repot untuk bisa foto yang bagus.

Kenapa sih gue ribet banget soal foto? Karena buat gue oleh-oleh dari jalan-jalan adalah foto-foto untuk diunggah di media sosial. Ayo, pada setuju enggak?

Barangkali elo punya tips foto dengan rusa yang ingin dibagi, boleh banget meninggalkan tipsnya di kolom komentar. Biar list gue bisa semakin panjang.

Doa gue semoga masa pandemi ini bisa segera usai. Biar kita semua bisa kembali pergi bermain. aamiin.

x.o.x.o

travel galau
Ranca Upas
Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Telepon:Β 0812-2345-6911
Jam buka: 24 jam
Instagram: @Ranca_upas

9 thoughts on “7 Tips Foto dengan Rusa di Ranca Upas yang Instagramable

  1. my goodness… aku udah lama banget gak maen ke tempat ini. terakhr tahun 1994 atau 1995. waktu itu sampe jam 9 pagi masih ada kabut di sekitar lokasi perkemahan. dan dulu itu gak bisa sedekat ini dengan rusa… thx for this post

  2. Wah.. saya belum pernah foto dengan rusa, Mbak Dian. Soalnya belum pernah ek Ranca Upas. Ddan di sini belum ada wisata seperti itu.
    Tapi memang ada keseruan sendiri saat berfoto bersama rusa ya, Mbak. nanti saya akan coba tips-tipsnya, Mbak Dian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *