Galau

Sahur Praktis Saat Traveling: Tetap Semangat Menjelajah di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim,

Siapa nih yang doyan jalan-jalan meski saat sedang menjalankan ibadah puasa? Pokoknya mah  gaspoool teruuuzzzโ€ฆ. Apalagi terkadang suasana di bulan Ramadan lebih sepi dibanding hari-hari lainnya, traveling jadi terasa lebih nikmat. Atau memang senang ingin merasakan suasana Ramadan di negara lain. Sepertinya memang seru ya menjalankan ibadah puasa sambil traveling.

Tapi bagaimana dengan persiapan sahurnya ya? Apakah repot harus menyiapkan menu sahur saat sambil traveling? Jangan khawatir. Sahur saat traveling bukan hal yang rumit kok. kamu tetap bisa menikmati perjalananmu sambil tetap berpuasa dengan menu sahur yang praktis dan bergizi.

Di artikel ini, aku akan berbagi beberapa menu sahur praktis yang bisa kamu siapkan saat sedang traveling. Ayo, simak tipsnya!

10 Menu Sahur yang Praktis Saat Traveling

1. Overnight Oats

Overnight oats merupakan menu sahur yang praktis dan bisa disiapkan sebelumnya. Campurkan oatmeal dengan susu atau yogurt, tambahkan potongan buah-buahan favoritmu, dan simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas semalaman. Saat sahur, kamu tinggal mengambilnya dan menikmatinya langsung. Mudah, kan?

2. Roti Isi

Roti isi juga merupakan pilihan menu sahur yang cepat dan mudah disiapkan saat traveling. Siapkan roti gandum atau roti favoritmu, lalu isi dengan telur dadar, irisan daging ayam atau sapi, dan sayuran segar. Gulung roti tersebut dan bungkus dengan kertas aluminium untuk dibawa saat perjalanan. Praktis dan mengenyangkan!

3. Smoothie

Jika kamu lebih suka minuman saat sahur, cobalah untuk membuat smoothie yang kaya nutrisi. Campurkan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, dan bayam dengan yogurt dan sedikit madu. Blender semua bahan tersebut hingga halus, dan sajikan dalam botol tahan bocor untuk dinikmati saat perjalanan.

4. Telur Rebus

Telur rebus adalah menu sahur klasik yang praktis dan mengenyangkan. Rebus telur dalam air mendidih selama beberapa menit hingga matang, lalu tiriskan dan bungkus dalam aluminium foil atau tupperware. Kamu bisa menambahkan sedikit garam dan merica untuk memberi rasa. Telur rebus ini cocok untuk dinikmati saat perjalanan jauh.

5. Sandwich Sehat

Siapkan roti gandum atau roti lapis, lalu tambahkan irisan daging ayam panggang, keju rendah lemak, dan sayuran segar seperti selada, tomat, dan timun. Bungkus sandwich tersebut dalam kertas aluminium atau bungkus makanan untuk dibawa saat traveling. Kamu bisa menikmatinya saat sahur atau sebagai bekal selama perjalanan.

6. Salad Buah

Salad buah adalah pilihan menu sahur yang menyegarkan dan mudah disiapkan. Potong buah-buahan favoritmu seperti melon, semangka, anggur, dan kiwi, lalu campurkan dalam wadah besar. Tambahkan sedikit air jeruk nipis atau madu untuk memberi rasa manis alami. Sajikan salad buah ini dalam kotak tahan bocor untuk dinikmati saat perjalanan.

7. Yogurt Parfait

Yogurt parfait adalah menu sahur yang lezat dan sehat. Susun lapisan yogurt rendah lemak, granola, dan potongan buah-buahan segar dalam gelas atau mangkuk kecil. Tutup dan simpan dalam kulkas hingga saat sahur. Yogurt parfait ini bisa kamu bawa saat traveling dan dinikmati kapan saja.

8. Muffin Telur

Muffin telur adalah pilihan menu sahur yang praktis dan bisa disiapkan sebelumnya. Kocok telur dengan sedikit susu dan tambahkan potongan sayuran seperti paprika dan bayam. Tuang adonan telur ke dalam cetakan muffin dan panggang dalam oven hingga matang. Muffin telur ini bisa kamu bawa saat traveling dan dinikmati sebagai sajian sahur yang enak.

9. Bubur Instan

Bubur instan merupakan alternatif menu sahur yang praktis dan mudah disiapkan. Pilih varian bubur instan yang rendah gula dan rendah lemak, lalu tambahkan air panas sesuai petunjuk kemasan. Kamu bisa menambahkan potongan daging ayam atau telur rebus untuk tambahan protein. Bubur instan ini cocok untuk dinikmati saat sedang dalam perjalanan.

10. Snack Sehat

Selain menu-menu di atas, jangan lupakan juga untuk membawa beberapa snack sehat seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt untuk dinikmati sebagai sajian sahur yang praktis saat sedang traveling. Pastikan untuk memilih snack yang rendah gula dan rendah lemak agar tetap menjaga kesehatan.

Tips Menyiapkan Sahur Praktis Saat Traveling

1. Pilih Makanan yang Tahan Lama:

  • Roti gandum: Kaya serat dan karbohidrat kompleks, bikin kamu kenyang lebih lama.
  • Oatmeal: Simpel dan mudah diolah, bisa dicampur dengan susu, buah-buahan, atau madu.
  • Yogurt: Kaya protein dan kalsium, bisa dinikmati langsung atau dicampur dengan granola dan buah.
  • Buah-buahan segar: Kaya vitamin dan mineral, pilih yang tahan lama seperti apel, pisang, atau jeruk.
  • Kurma: Sumber energi alami yang kaya serat dan vitamin.

2. Siapkan Makanan Sejak Malam:

  • Masak nasi goreng atau pasta dalam porsi sekali makan.
  • Rebus telur dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Buat sandwich dengan roti gandum, selai kacang, dan pisang.
  • Siapkan smoothies buah-buahan yang bisa langsung diminum.

3. Manfaatkan Fasilitas Hotel:

  • Tanyakan kepada hotel apakah mereka menyediakan layanan sahur.
  • Jika tidak, manfaatkan dapur kecil di hotel untuk memasak makanan sederhana.
  • Gunakan microwave untuk memanaskan makanan siap saji.

4. Bawa Perlengkapan Sahur:

  • Siapkan termos untuk membawa air panas atau teh.
  • Bawa kotak makan untuk menyimpan makanan sahur.
  • Siapkan alat makan dan sendok garpu lipat.

5. Pilih Makanan yang Mengandung Protein:

  • Telur rebus atau omelet.
  • Sate ayam atau daging sapi.
  • Ikan tuna kaleng.
  • Kacang almond atau kacang tanah.

6. Jangan Lupakan Minum Air Putih:

  • Minum air putih yang cukup saat sahur agar terhindar dari dehidrasi.
  • Bawa botol minum agar kamu bisa minum kapanpun.
  • Minum jus buah segar untuk menambah asupan vitamin.

7. Hindari Makanan Berlemak:

  • Makanan berlemak tinggi dapat membuatmu merasa lemas dan haus.
  • Pilih makanan yang lebih sehat dan bergizi.

8. Nikmati Sahur dengan Santai:

  • 1Jangan terburu-buru saat sahur agar kamu bisa menikmati makananmu.
  • Makan dengan perlahan agar pencernaanmu lebih lancar.
  • Berdoa sebelum dan setelah sahur.

Itulah beberapa menu sahur praktis yang bisa kamu siapkan saat sedang traveling. Dengan memilih menu-menu yang sehat dan mudah disiapkan, kamu tetap bisa sahur dengan praktis dan bergizi saat traveling serta menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dimanapun kamu berada. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan semangat selama bulan Ramadhan!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *