Jawa Barat, Jalan-Jalan

Orchid Garden Papandayan: Negeri Dongeng Bunga di Kaki Gunung

orchid garden papandayan

bismillahirrahmanirrahim

Apakah kamu pernah membayangkan berjalan di negeri dongeng yang dihiasi bunga-bunga berwarna-warni? Impian itu bukan khayalan lagi, lho! Di kaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, terdapat Orchid Garden, taman bunga yang siap membawamu ke alam fantasi yang penuh pesona.

Meskipun namanya Orchid Garden, taman ini justru terkenal dengan keindahan bunga Hydrangea yang mekar dengan semarak. Bunga-bunga ini tersusun rapi di taman berundak, menciptakan gradasi warna yang begitu memukau. Ada yang berwarna biru langit, pink pastel, ungu cerah, dan putih bersih, bagaikan lukisan alam yang sempurna.

Berjalan di antara bunga-bunga Hydrangea di Orchid Garden bagaikan menyusuri lorong-lorong di negeri dongeng. Ditambah lagi dengan kabut tipis yang sering menyelimuti kawasan ini, suasananya semakin terasa magis dan romantis.

Selamat Datang di Negeri Dongeng Garut, Orchid Garden

Kalau boleh jujur, alasan paling utama aku ke TWA Papandayan, bukan untuk hiking, melainkan untuk menikmati bunga-bunga hydrangea yang terdapat di Orchid Garden, yang masih bagian dari Taman Wisata Papandayan. Tapi kan gak mungkin aku bilang ke Pak Suami “Ayang, aku mau ke Papandayan tapi gak hiking, cuma mau liat-liat bunga hydrangea yang cantik aja.” Bisa-bisa Pak Suami gak mau mewujudkan keinginan  aku itu. Lagipula kalau dipikir-pikir lagi, sayang banget sudah jauh-jauh sampai di TWA Papandayan, eh malah gak hiking. Biar afdol, hiking jadi, menikmati bunga hydrangea juga jadi.

Baru turun dari mobil putih kesayangan, mata aku langsung tertuju sama bulatan-bulatan cantik khas dari bunga hydrangea yang didominasi warna biru, ungu, merah muda, dan putih. Bunga-bunga itu dengan mudah ditemui di pinggir area parkir. Sambil berjalan ke area jalur pendakian, mata aku pun mencari-cari petunjuk Orchid Garden, pokoknya usai mendaki Gunung Papandayan, aku mau langsung ke sana.

Nyatanya, setelah selesai hiking, kaki terasa tremor. Butuh istirahat. Aku memutuskan duduk-duduk tak jauh dari masjid. Lagi-lagi bunga hydrangea tampak di area tempat aku beristirahat. Tapi ini bukan tempat yang aku maksud, bukan tempat yang aku lihat di sosial media dimana bunga-bunga hydrangea tumbuh banyak dan cantik.

Langit mendadak gelap begitu kami usai shalat dzuhur. Suara petir juga terdengar cukup keras. Padahal aku belum sampai ke Orchid Garden. Sedikit panik karena takut gak sempat terwujudkan, akhirnya aku pun langsung buru-buru mengajak pak suami mengikuti papan arah petunjuk ke Orchid Garden.

Banyak yang bilang Orchid Garden Papandayan ini seperti di negeri dongeng. Salah satu sudut tercantik ini berada di depan cottage yang berbentuk iglo. Oh iya, ternyata Orchid Garden ini berada di sekitar penginapan. Melihat bangunan yang menyerupai iglo yang dikelilingi bunga-bunga hydrangea, ada sedikit penyesalan untuk tidak menginap di sini. Padahal, salah seorang teman blogger, Kang Aip, sudah menyarankan aku untuk glamping di sini.ย 

Selain bisa menikmati bunga hydrangea, di area ini juga terdapat bunya edelweis, itu lho bunga abadi yang hanya ditemui di gunung. Karena tadi saat pendakian aku gak sanggup melanjutkan sampai ke Taman Edelweis, anggap aja tempat ini sebagai pelipur lara.

Spot foto instagramable bertebaran di seluruh penjuru taman. Jembatan kayu kecil, gazebo, dan dekorasi taman yang unik menjadi latar belakang foto yang sempurna. Sayang, karena langit semakin gelap, aku pun harus terburu-buru mengabadikan momen di sini. Mungkin ini pertanda biar suatu saat nanti aku ke sini lagi dan menginap di TWA Papandayan. 

Tips ke Orchid Garden

orchid garden papandayan
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Orchid Garden adalah pagi hari saat kabut masih menyelimuti taman.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena kamu akan banyak berjalan di taman berundak.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen indah di taman ini.
  • Jangan lupa untuk menjaga kebersihan taman dan buanglah sampah pada tempatnya.

Orchid Garden adalah tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan, baik keluarga, pasangan, maupun solo traveler. Jika kamu ingin merasakan sensasi negeri dongeng di kaki gunung, Orchid Garden adalah pilihan yang tepat.

Ayo, masukkan Orchid Garden ke dalam daftar wisata wajibmu!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *