backpacker ke india
Galau

Backpacker ke India? 7 Tempat Wisata yang Ingin Gue Kunjungi…. (Nyesek Kalau Sampai Gagal)

bismillahirrahmanirrahim

backpacker ke india

Selamat tahun baru, Gaes! Tahun baru itu biasanya identik dengan semangat baru, resolusi tahun baru, hingga membuat mimpi-mimpi baru. Tapi tahun ini gue justru ingin mewujudkan mimpi lama gue: backpacker ke India.

Tolong salahkan kehadiran Instagram yang sebulan terakhir di explorer gue rajin banget menyuguhkan foto-foto para traveler di India. Mendadak gue kaya diingatkan lagi kalau pernah punya keinginan untuk bisa mengunjungi negara asal Amitabh Bachchan.

Padahal dulu cita-cita gue bisa backpacker ke India itu buat borong gelang India loh. Absurb banget ya alasan gue. Sekarang nambah alasan baru biar gue bisa foto-foto di tempat yang keren dan instagramable.

Backpacker ke India? 7 Tempat Wisata yang Ingin Gue Kunjungi…. (Nyesek Kalau Sampai Gagal)

Memangnya kalau jadi backpacker ke India gue mau kemana saja? Gara-gara si Instagram, ini nih 7 tempat wisata yang ingin gue kunjungi beserta pose foto instagramable-nya.

1. Taj Mahal, Agra


Photo by @jason_x1n & @kacozi

Mohon maaf kalau terlalu mainstream, tapi buat gue Taj Mahal is a must. Komplek bangunan yang di dalamanya dilengkapi dengan taman, air mancur, kolam, dan makam ini sudah pasti akan berada di list nomor satu yang harus gue kunjungi kalau gue sukses mengumpulkan pundi-pundi receh untuk ongkos backpacker ke India.

I bet almost everybody already knows kalau Taj Mahal merupakan lambang cinta Raja Shan Jahan bagi mendiang istrinya Mumtaz Mahal. Bahkan untuk menyelesaikan bangunan mewah ini saja sampai membutuhkan waktu 22 tahun lamanya. Biar nanti foto-foto gue keren, gue pun mulai membaca tips berfoto di Taj Mahal ala Noni Khairani

2. Agra Fort, Agra


Photo by @aleksandra_um

Kota berdinding, katanya lebih tepat untuk menggambarkan Benteng Merah yagn terletak sekitar 2,5 kilometer dari Taj Mahal. Agra Fort memang benteng yang paling penting di India, karena para penguasa Mughal yang terkenal tinggal dan memerintah negara dari tempat ini.

Begitu masuk ke dalam benteng, katanya gue bakal melihat dua bangunan batu pasir besar yang saling terkait, Akbari Mahal dan Jahangiri Mahal, kediaman pribadi terbesar di kompleks. Ah,pastinya akan jadi spot foto cantik untuk dipamerkan.

3. Amer Fort, Jaipur


Photo by @k_stylidis

Setelah dari Agra, Jaipur menjadi kota yang wajib gue singgahi kalau backpacker ke India. Kota ini punya julukan Pink City karena banyaknya bangunan berwarna merah muda, warna gue banget bukan?

Ada banyak banget tempat wisata yang bikin gue mupeng di Jaipur ini. Gue akan memulai dari Amer Fort, sebuah komplek istana yang terletak dalam benteng. Sedikit sulit untuk mencapai Amer Fort ini, karena letaknyaya di atas bukit, butuh naik ojek motor, jeep, atau pun safari gajah untuk tiba di Amer Fort. Tapi gue yakin kok, semua perjuangan itu akan terbayar bahagia setelah foto-foto diantara kemewahan komplek istana ini.

4. Hawa Mahal, Jaipur


Photo by @croissantsandcaviar

Reaksi awal gue melihat foto-foto di Hawa Mahal itu adalah: berteriak heboh. Itu istananya cantik banget, Gaes! Terbuat dari batu pasir merah muda.

Hawa Mahal atau juga disebut Place of Winds ini dulunya diperuntukan untuk istri-istri raja. Istana ini selesai dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh. Dengan jumlah jendela 953 buah yang bikin istana ini makin terlihat unik pasti bakal bikin gue galau mau berfoto dimana saja. Any suggestion bagi yang sudah pernah berkunjung ke sini?

5. Panna Meena Ka Kund, Jaipur


Photo by @elliebullen

Ini adalah tangga-tangga menuju sumur. Sekilas kalau sudah di bawah, gue kayak teringat akan Taman Sari yang ada di Jogja. Why? Karena dengan background kolam dan frame kubah kok rasanya mirip ya.

Panna Meena Ka Kund ini wajib dikunjungi bukan semata-mata karena unik dan instagramable saja, tapi juga karena…. masuknya free. Siapa sih yang enggak doyan sama yang gratisan, bukan gue pastinya. Alhamdulillah bisa sedikit mengurangi beban galau gue dalam mikirin budget backpacker ke India.

6. Patrika Gate, Jaipur


Photo by @dianamiaus

Patrika Gate menjadi wishlist gue terakhir di Jaipur. Bagaimana mungkin gue melewatkan kesempatan untuk berfoto di antara pilar-pilar catik yang memesona itu? Gemes banget lihatnya. Apalagi lagi-lagi enggak dipungut biaya untuk masuk ke Patrika Gate ini.

Sedikit tips dari seorang teman bila ingin mengunjungi tempat yang tak jauh Jaipur International Airport ini, datang sepagi mungkin sebelum jam 12 siang agar tidak terlalu ramai.

7. Red Fort, New Delhi


Photo by @sunshine_on_my_plate

Ke India rasanya enggak lengkap kalau enggak mampir di ibukota India, New Delhi. Sebuah kota yang katanya menawarkan perpaduan kekayaan budaya, sejarah, tapi juga modernitas.

Red Fort, sebuah bangunan yang dulu merupakan kediaman dari kekaisaran Mughal menjadi salah satu wishlist gue jika jadi backpackeran di India. Bangunan ini dibangun oleh Shah Jahan pada tahun 1648 sebagai kursi kekuasaan Mughal dengan bentuk bulan sabit merah benteng di New Delhi. Namanya disesuaikan dengan batu pasir merah yang digunakan dalam konstruksi .

Galaunya Travel Galau Mau Backpacker ke India

backpacker ke india

Sementara, biarkan 7 tempat itu saja dulu yang menjadi inceran gue kalau berkunjung ke India. Sebenarnya gue agak galau karena ingin menambahkan Varansi ke dalam list gue. Kota tua yang menarik tapi penuh tantangan bagi panca indera.

Kenapa gue galau? Masa sih gue melewatkan sungai Gangga, sungai suci bagi umat Hindu di India. Tapi gue juga enggak yakin apakah panca indera gue akan siap menghadapi tantangan dari sungai ini?

Ini dia tantangan Travel Galau. Selalu saja ada pertengan hati dalam membuat keputusan dan keinginan. Salah? Enggaklah, itu semua hal yang wajar menurut gue. Biar jangan sampai kita salah bikin keputusan. Tapi sebelum gue terus menggalau soal Varansi, lebih baik sekarang gue galau dulu mikirin budget.

Ada yang mau nemenin gue untuk backpacker India? Gue mau nabung dulu ya.

Travel Galau, muslimah blogger Indonesia. Jakarta. Tukang main, suka moto dan dipoto, pecinta kopi dan kain nusantara.

18 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *