Ini Dia!!! 7 Tempat Wisata Banyuwangi yang Instagramable Rekomendasi Travel Galau

85 / 100

bismillahirrahmanirrahim,

Banyuwangi, kota di timur pulau Jawa ini sudah lama masuk wishlist traveling aku. Soalnya ada banyak tempat wisata Banyuwangi yang menarik. Padahal jaraknya gak terlalu jauh juga dari tempat mertua. Tapi baru saat usai libur lebaran kemarin akhirnya aku berhasil menikmati kota yang punya julukan Matahari Terbit dari Jawa ini untuk waktu yang agak lama.ย 

3 hari 2 malam. Semula aku kira ini waktu yang cukup untuk menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Banyuwang. Tapi ternyata aku salah dong. Jiwa mager aku masih tetap melekat saat libur kemarin, yang ada aku hanya berhasil menikmati beberapa objek wisata yang selama ini ada dalam list aku.

Sementara belum semua tempat wisata di Banyuwangi berhasil aku kunjungi, aku tulis dulu aja di blog Travel Galau ini. Biar bisa jadi referensi sobat Travel Galau yang galau bingung mau ke mana aja di Banyuwangi. Sekalian juga pengingat buat aku sendiri sih, suatu saat nanti daftar tempat-tempat wisata Banyuwangi ini akan aku kunjungi.

7 Tempat Wisata Banyuwangi yang Instagramable

1. Kawah Ijen

Keindahan blue fire yang cuma ada dua di dunia menjadi daya tarik Kawah Ijen yang selalu aku ulang-ulang โ€œSuatu saat nanti aku harus ke Kawah Ijen.โ€ Aku memang bukan anak gunung, terus terang ada seribu satu kekhawatiran dalam diri untuk berkunjung ke tempat wisata Banyuwangi yang satu ini. Aku tuh takut nyusahin orang-orang karena gak sanggup jalan. 

Padahal, lokasi Kawah Ijen yang berbatasan dengan Bondowoso jadi keuntungan buat aku. Iyalah, artinya kan gak jauh-jauh banget dari rumah mertua >.< Tolong doain aja, suatu saat aku berhasil berani untuk berkunjung ke Kawah Ijen dan bisa bikin foto kece dengan menggunakan rok tutu andalan.

2. Pantai Pulau Merah

Pantai yang berjarak 60 km dari pusat kota Banyuwangi ini menjadi salah satu tempat wisata Banyuwangi yang sayang banget kalau gak dikunjungi. Gosipnya, Pantai Pulau Merah ini salah satu spot wisata di Banyuwangi yang mengundang banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

Menikmati matahari terbenam di Pantai Pulau Merah merupakan salah satu impian aku. Aku pernah lihat di Instagram fotonya tuh cakep banget. Pengen banget punya foto siluet saat matahari terbenam di sini.

Beberapa tahun yang lalu aku sudah pernah berkunjung ke Pantai Pulau Merah bersama ibu mertua saat libur lebaran. Tapi tahu sendiri kan bagaimana kondisi libur lebaran itu, ramai. Rasanya aku tuh enggak puas. Ini nih bentuk kendala saat traveling yang menurut aku nanggung, tempat yang terlalu ramai, bikin pengen balik lagi.

3. Jawatan Benculuk

Ini nih tempat wisata Banyuwangi yang paling aku rekomendasiin buat para pecinta konten. Lokasinya gak sulit untuk dikunjungi, harga tiket juga gak mahal, tapi tempatnya sendiri instagramable banget.

Tempat ini tuh mengingatkan aku akan hutan yang ada di film Lord of  The Rings. Cakep banget buat foto-foto. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari tempat makan hingga masjid semua ada. Kalau kamu mau berkeliling Jawatan Benculuk tapi malas jalan kaki, kamu juga bisa sewa andong.

4. Teluk Hijau

Mupeng gak sih lihat foto Teluk Hijau ini? Lihat dong bagaimana perpaduan pasir putih dengan air yang berwarna hijau kaya emerald ini? Cakep banget. Kayanya wajib bawa drone kalau berkunjung ke pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini deh. Biar bisa difoto dari atas. 

Sayangnya, akses menuju Teluk Hijau ini gak semudah akses ke Pantai Pulau Merah. Ada dua cara untuk menuju Teluk Hijau. Yang pertama dari pintu depan Taman Nasional Meru Betiri, namun harus berjalan kaki sekitar 1 km dengan jalanan yang cukup terjal. Sementara askes kedua bisa dengan naik perahu dari Pantai Rajegwesi, tapi ini pun hanya memungkinkan kalau ombak sedang tenang. 

5. Pantai Sukamade

Aku kira melepas tukik cuma bisa dilakukan di Ujung Genteng aja. Ternyata di Banyuwangi juga kita bisa melepas  tukik-tukik yang unyu itu. Tepatnya, di Pantai Sukamade, yang merupakan salah satu lokasi favorit penyu untuk bertelur.

Pantai Sukamade yang juga berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini juga menjadi habitat penyu bertelur dan juga tempat penangkaran.

Selain bisa melepas tukik, kita juga bisa berkesempatan mengikuti tur menyaksikan penyu-penyu ini berterlur. Tapi jangan berisik dan siap gelap-gelapan ya.   Setahu aku, penyu ini kalau melihat ada cahaya bakal batal ke pantai.

6. Taman Nasional Alas Purwo

Jangan lupakan untuk berkunjung ke tempat wisata Banyuwangi yang satu ini, Taman Nasional Alas Purwo. Karena di sini kamu bisa menikmati destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata religi, hutan, sampai pantai. 

Kemarin aku sempat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo ini. Sayangnya aku sempat mengalami pengalaman gak enak, yang bikin harus buru-buru pulang. Belum juga sempat main ke pantainya padahal. Tadinya mau menikmati senja di Pantai Plengkung, itu lho, pantai yang terkenal akan keganasan ombaknya bagi para peselancar. Apakah ini pertanda aku harus kembali ke sini?

7. Pantai Boom

Last but not least, aku mau rekomendasikan kamu untuk main-main ke Pantai Boom. Ini salah satu pantai di Banyuwangi yang lagi hits banget. Pantai ini dulunya adalah sebuah pelabuhan, tapi kini jadi spot foto-foto yang instagramable.

Akses menuju Pantai Boom sangat mudah, karena gak jauh dari pusat kota. Tapi aku malah malah kesorean pulang dari Jawatan Benculuk, jadi akhirnya gagal deh ke sini. Salah sendiri juga sih, aku memilih penginapan yang jauh dari pusat kota. Lain kali kalau ke Banyuwangi harus pilih hotel di Banyuwangi yang berada di pusat kota aja deh.ย  Biar bisa explore Banyuwangi lebih puas lagi.ย 

Sebenarnya masih banyak daftar tempat wisata Banyuwangi yang instagramable dan recomended. Banyuwangi tuh ibarat sebuah kota yang gak ada habis-habisnya akan destinasi wisata. Tapi kalau semua daftar itu harus aku tulis, nanti aku keasikan ngayal mau ke Banyuwangi lagi. Jadi sementara ini, 7 dulu aja ya. Kira-kira dari 7 tempat wisata Banyuwangi ini, mana yang paling mau kamu kunjungi?

x.o.x.o

travel galau

One thought on “Ini Dia!!! 7 Tempat Wisata Banyuwangi yang Instagramable Rekomendasi Travel Galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *