Jalan-Jalan, Jawa Barat

Pantai Sayang Heulang: Tujuan Wisata Baru di Garut Selatan yang Memukau

Pantai Sayang Heulang

bismillahirrahmanirrahim,

โ€œTeh, nanti ke Pantai Sayang Heulang gak?

Agak kaget juga ketika saat menyusun itinerary road trip anniversary Januari 2024 kemarin, tiba-tiba saja mendapat pertanyaan tentang salah satu pantai di Garut Selatan yang masih belum terlalu populer.

Umumnya orang-orang ketika ditanya tentang pantai paling ikonik di garut Selatan akan menjawab Pantai Santolo. Padahal tak jauh dari Pantai Santolo, tersembunyi sebuah permata tersembunyi di Garut Selatan bernama Pantai Sayang Heulang. Pantai ini menawarkan pesona yang tak kalah memukau dengan garis pantai sepanjang 3,5 km yang masih alami dan asri.

Terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan, Pantai Sayang Heulang menjadi salah satu pantai yang terbaik di di Desa Mekarsari, Kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan. 

Apalagi sejak akhir tahun 2021, Pantai Sayang Heulang semakin nyaman untuk dikunjungi berkat adanya pembangunan wisata yang dilakukan oleh Pemkab Garut. Jadi apa Travel Galau berkunjung ke Pantai Sayang Heulang? Sudah tentu aku gak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu wisata terbaru di Garut Selatan ini dong.

Cara Menuju Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Ada dua pilihan jalur yang bisa kamu lalui untuk menuju Pantai Sayang Heulang. Kalau kamu berangkat dari kota Garut, kamu bisa memilih rute menuju Cikajang lanjut ke arah Pameungpeuk. Perjalanan sekitar 90 km ini memakan waktu kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan. Tapi kamu harus ekstra hati-hati mengingat jalan yang dilalui penuh kelokan dan tidak terlalu mulus.

Sementara kalau kamu berangkat dari Bandung, kamu bisa menyusuri jalur pantai selatan dari Ciwidey. Perjalanan sejauh 163 km ini menjadi salah satu rute favorit aku. Jalannya begitu mulus dengan pemandangan yang indah hampir di sepanjang jalan.

Untuk tiba di pantai Sayang Heulang kamu tinggal masuk ke gapura Sayang Heulang dan ikuti terus jalan utama yang akan mengantarkan kamu langsung ke depan pantai. Tapi sebelum kamu ketemu pantai, jangan lupa untuk membayar retribusi sebesar Rp 10.000 per orang ya. Pantai ini buka 24 jam, jadi kamu tak perlu khawatir datang terlalu malam, atau terlalu pagi.

5 Spot Menarik di Pantai Sayang Heulang

Tentunya setelah direvitalisasi dan diresmikan Desember 2021 lalu, Pantai Sayang Heulang kini siap menjadi salah satu wisata pantai yang kekinian dong. Ada banyak spot menarik di pantai ini, bukan lagi sekadar wisata pantai main-main air aja.

1. Spot Selfieย 

Pantai Sayang Heulang

Begitu kendaraan memasuki area Pantai Sayang Heulang, beberapa sayap berwarna kuning di pinggir pantai seperti menyambut kedatangan kita. Sayap yang didominasi warna kuning dan hitam ini sekilas mengingatkan akan sayap garuda, atau mungkin sebenarnya sayap elang? Mengingat Sayang Heulang berasal dari bahasa Sunda yang artinya Sarang dan Elang. Iya, dulunya di pantai ini memang banyak elang, sayang sekarang ini sudah jarang terlihat.

Di tempat foto ini, kamu bukan sekadar bisa berfoto dengan sayap elang. Tapi juga ada bonus latar belakang hamparan laut biru.

2. Gazebo

Pantai Sayang Heulang

Mau duduk-duduk santai menikmati pemandangan laut yang menyatu dengan Samudera Hindia? Di sepanjang pedestrian terdapat  gazebo-gazebo untuk bersantai. Kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati aneka jajanan yang ditawarkan di sekitar.

3. Menara Pandang

Pantai Sayang Heulang

Jika ingin menikmati pemandangan laut dan pantai dari ketinggian, kamu bisa naik ke menara pandang yang ada di satu titik. Dari sini, kamu bisa melihat keseluruhan area Pantai Sayang Heulang dengan leluasa.

4. Bermain air dan pasir

Pantai Sayang Heulang

Meski ada larangan untuk berenang karena ombak laut yang seringkali cukup besar, tapi kamu tetap bisa untuk bermain air. Bahkan ada penyewaan perahu kecil untuk anak-anak bermain. 

Kalau malas basah-bahasan, kamu juga bisa menikmati bermain pasir di pinggir pantai atau menaiki jejeran batu-batu karang. Kamu merasakan angin pantai yang sering berhembus kencang, juga menikmati. Suara debur ombak disertai pemandangan laut yang biru jernih pasti akan membuatmu terpesona.

5. Gumuk Pasir

Bukan cuma di Jogja yang ada gumuk pasirnya, tapi Pantai Sayang Heulang juga punya lho. Di ujung Pantai Sayang Heulang, ada juga area berpasir cukup luas yang diberi nama Gumuk pasir Tuntung Karang Sayang Heulang. Di sini, hamparan pasir membentang cukup luas. Sekilas memberi kesan sedang berada di gurun pasir seperti di film-film. 

Sayangnya nyali aku langsung menciut melihat jalanan menuju area gumuk pasir ini. Jalanan menanjak yang berpasir. Takut lagi-lagi si Putih selip seperti di Pantai Batu Penganten kemarin.

Selain 6 spot menarik itu, tentunya Pantai Sayang Heulang juga difasilitasi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Di sini, terdapat area parkir yang luas, toilet, dan warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Mari Berkunjung ke Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Overall, menurut aku Pantai Sayang Heulang memancarkan keindahan alam yang luar biasa. Pasir putihnya yang halus berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Deburan ombaknya yang tenang dan angin sepoi-sepoi menghadirkan suasana yang damai dan menenangkan. Di kejauhan, tampak gugusan pulau karang yang menambah keindahan panorama pantai ini.

Pantai Sayang Heulang adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Garut Selatan. Keindahan alamnya yang memukau, berbagai spot menarik, dan suasananya yang tenang akan membuat liburanmu tak terlupakan. Aku sudah berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, sekarang giliran kamu.

Ayo, jelajahi mutiara tersembunyi di Garut Selatan ini!

x.o.x.o

travel galau

About Author

Dian Ravi. Muslimah travel blogger Indonesia. Jakarta. Part time blogger, full time day dreamer. Pink addict, but also love toska. See, even I cannot decide what's my favorite color is.Mau bikin bahagia, cukup ajak jalan dan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *